Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Sangat cocok untuk sajian :

Hantaran seserahan,

Hantaran nikah,

Anniversary,

Arisan,

Reuni / Gathering,

Lamaran atau tunangan,

Hajatan-syukuran-selamatan,

Parcel atau bingkisan menjelang hari raya :

Lebaran Natal - Tahun baru Imlek- dll,

Bingkisan untuk relasi kerabat - rekan bisnis,

Surprise untuk bos,

Acara kantor ,bahkan

Acara ulang tahun bersama keluarga dan orang orang tersayang dirumah.

Thursday, 24 December 2009

Lumpia Semarang ala Dapur Nera


Ceritanya lagi pengen Lumpia Semarang, padahal terakhir makan Lumpia Semarang udah lama juga. Biasanya om ku yang di Semarang kalo lagi ke Jakarta pasti mampir kerumah dan membawa penganan lezat ini.
Selain khas bumbu isiannya juga bumbu sausnya yang rada kental manis itu. Tapi biasanya aku sih makan pake rawit plus acarnya aja....wuiihhh mantabbb........*ngiler..
Nah mumpung lagi ada waktu, dan bahan bahan sudah disiapin dari kemarin ya sudah aku bikin aja ini lumpia tapi bukan lumpia asli Semarang loh ....ini sih lumpia ala Dapur Nera :)

15 kulit lumpia besar
Bahan isi:
75 gr daging ayam cincang
75 gr udang cincang
300 gr rebung,iris bentuk batang korek api, rebus
2 butir telur, dikocok
2 batang dun bawang, iris halus
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdt gula merah iris
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt minyak wijen
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
4siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 sdm ebi, direndam air panas, tiriskan

cara membuat:
Bahan isi:
Panaskan minyak dan minyak wijen, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
Tambahkan irisan daun bawang, tumis sampai layu.
Masukkan udang cincang, aduk rata, tumis sampai udang berubah warna.
Masukkan ayam cincang, aduk rata, tumis sampai ayam kaku.
Tambahkan irisan rebung, kecap manis, kecap asin, gula dan merica bubuk. Aduk rata, masak sampai sedikit kering.
Masukkan telur kocok, aduk rata, masak sampai telur matang.
Angkat, dinginkan

Ambil sebuah kulit lumpia, isi dengan 1 sdm adonan isi (atau bisa ditambah sesuai dgn ukuran kulit lumpianya..).
Gulung sedikit, kemudian lipat sisi kiri dan kanan, gulung sampai penuh.
Goreng sampai matang dan berwarna kuning emas.
dimakan dengan saus lumpia, acar ketimun, lokio n cabai rawit.
Catatan:
Supaya kulit lumpia tidak mudah terbuka sewaktu digoreng, rekatkan kulit lumpia dengan telur kocok (tipis saja) atau campuran air dan sedikit tepung kanji.
Saturday, 5 December 2009

Lumpia Variasi Sayur ( Popiah with Vegetables )

Makanan favorit juga dirumah.....soalnya enak dan gariiinnggg  kali ini aku bikinnya pake isi sayuran dan jamur. Yaaaahhh pokoknya yang ada dirumah ajaa . Trus kulit lumpia juga beli yang udah jadi di pasar.
Asal cepat aja masaknya....just chopped the whole veggies and go !!!!....
hahaha...just that simple ???? nooooooo...............saute the veggies first and rol .....:)





maaf lupa foto yang sudah jadi...soalnya langsung diserbu.....(narsis dotcom nih)...hehehe
resepnya silahkan diliat dan diganti juga boleehhh....:)

bahan:
1 batang wortel besar, kupas dan potong sesuai selera
2 buah bangkuang besar, kupas dan potong korek api
10 batang buncis, iris kecil-kecil
100 gr jamur merang/kancing, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis

bumbu halus:
2 bawang merah
2 bawang putih
lada halus
1 sdm saus tiram
garam
gula
penyedap (kalo suka)

cara membuat:

  • siapkan semua bahan untuk isian, lalu siapkan wajan dengan minyak secukupnya.
  • tumis semua bahan dengan bumbu halus hingga agak layu. setelah dirasa sudah enak , angkat dan dinginkan.
  • setelah dingin ambil satu kulit lumpia dan letakkan 1 sdm adonan isi lalu lipat seperti amplop. tempel dengan putih telur yang sudah dikocok. lalu simpan didalam lemari es bagian bawah selama 1 jam.
  • keluarkan dari lemari es dan diamkan sampai suhu ruangan baru goreng dan angkat.
sajikan dengan sambal kacang atau sambal botol .....pake cabe rawit juga boleh.
selamat mencoba :)
Friday, 4 December 2009

Cake Pisang Ambon (Banana Cake)

Kapan hari , saya belajar buat Cake Pisang yang resepnya saya ambil dari mba Yulia. Semua nya saya ikuti, dari resep sampai caranya. Memang sih waktu pengocokan telur itu, saya tambahan vanilla pasta dikit...dan hasilnya yang saya dapat adalaaahhhh bantet sodara sodara.....whuaaaa..... :( sedihh banget.....beneran.... :( . Gak tau harus komen apa lagi nih.....udah semangat dan capeknya lumayan (karena bikin dua cake sekaligus) eehh...malah bantet.....
Padahal waktu dipanggangnya didalam oven mekar sumringah....ampyuuunnn.....
terus waktu suami coba, katanya sih enak dan gak merasa itu bantet....hiks...mm...si papa jujur apa cuma membesarkan hati saya aja yaa.... anakku juga makan tanpa rasa dosa gitu....."enak ma....enakkk....baunya pisang enak ya ma...." begitu kata bocah kecil-ku :) ......ya sudah...lainkali coba lagi deeehh.....
moga moga ga bantet lagii......pfiiuuhhhh lanjoooottttt.....



Lihat kan sodara sodara....di dalam oven yang antik ini, si cake pisang-ku mengembaaaaaaangggg....tapi setelah aku keluarkan.....uhuk...uhuk.....jadi kisutttt....suttt..... :(




Seharusnya cake gak segini tapi mengembang lebih.....:(  adonannya numpuk dibawah....kenapa ya?)






Tapi bocah perempuan satu ini bilang lain.....biar bantet rasanya enak dan wangiiiiii......yeaaahhhh...... :D


Ini ya resepnya ....


Bahan:
150 gr mentega (saya pakai margarin)
175 gr gula bubuk (saya pake 170gr)
4 butir kuning telur
4 butir putih telur (karena putih telurnya kecelakaan, jadi yg terkocok ga 4 btr...ga tau deh brp)
3 buah pisang ambon (saya pake sunripe)
Campur dan ayak :
225 gr tepung terigu segitiga biru
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
cara membuat :
- siapkan loyang olesi lagi dengan margarin dan tepung
- kocok putih telur sampai kaku
- kocok mentega dan gula bubuk hingga lembut
- masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai putih mengembang.
- masukkan bergantian campuran bahan kering dan pisang, aduk perlahan.
- masukkan putih telur ke dalam adonan tadi, aduk rata.
- tuang ke dalam loyang, ratakan. Panggang sampai matang. (saya panggang selama 30-40 menit, hasilnya ngembang tapi atas masih basah jadi saya masukkan lagi ke oven. tau taunya malah jadi kisut....sediihhh...)
tetap semangaaaaatttttt.......:)
Tuesday, 1 December 2009

Serundeng Ikan Pedas ( Spicy Fishfloss )

bahan:

  • 750 gram daging ikan kakap
  • 1 sendok makan air asam
  • 150 cc santan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh bumbu kari bubuk
  • 150 gram kacang tanah, goreng hingga kering
  • 10 lembar daun jeruk purut, iris halus
  • 5 batang sere, ambil bagian putihnya, iris halus
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 5 buah cabai merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih

cara membuat:

Lumuri daging ikan kakap dengan air asam hingga rata, lalu biarkan selama 15 menit.

Kukus ikan kakap tadi hingga matang, angkat, lalu suwir-suwir dagingnya dan buang durinya, sisihkan.

Haluskan ketumbar, cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih, lalu sisihkan.

Campur santan, garam, gula, bumbu kari bubuk, bumbu yang telah dihaluskan, dan daging ikan, lalu masak di atas api kecil sambil sekali-sekali diaduk hingga santan habis.

Kecilkan api, masak terus hingga daging ikan kering, lalu masukkan kacang tanah, daun jeruk purut, dan sere, aduk rata, angkat, sajikan.

porsi : 8 orang

sumber: unknown
Monday, 30 November 2009

Bakwan Jagung ala Dapur Nera ( Corn Fritter )

Hampir seminggu 2X bikin ini bakwan. Ga tau apa karena seneng atau ga ada ide hehe... Yang pasti kalo saya bikin yang mudah saja, karena saya pun masih belajar memasak jadi maklumi ya kalo ada resep yang 'keseleo' dikit  hihi..........
Camilan enak untuk menyertai menu utama atau bisa juga untuk dibawa saat piknik bersama keluarga.




bahan:
2 bongkol jagung muda
300-400gr terigu (sesuaikan dengan selera dan kekentalan adonan)
1 batang daun bawang
1 batang seledri
(bisa juga tambahkan 1 butir telur , kol iris atau jamur putih iris atau variasi lain)

bumbu halus:
2 bawang merah
2 bawang putih
lada secukupnya
garam dan gula secukupnya
(biasanya saya juga suka kasih ketumbar 5 butir dan pala halus sdikit)

cara membuat:

  • jagung muda dipipil lalu dicampur dengan terigu. lalu beri air secukupnya
  • masukan bumbu halus juga, aduk rata jika sudah pas, ambil adonan 1 sendok sayur lalu tuang ke wajan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan api sedang. goreng hingga kekuningan.angkat.
note:
sajikan dengan sambal botol atau sambal kacang.



Saturday, 28 November 2009

Tumis Te-Hu Kemangi ( Variety Bean Cah With Basil Leaf )


Dirumah saya sering banget sedia bahan bahan makanan yang bisa tahan beberapa hari. Contohnya yang satu ini nih , bahan bahannya sih sederhana bahkan sangat sederhana tapi kalo saya sih suka banget.... maklum deh wong ndeso...hihi.....lidah urang sunda mah susah deehhh.... :P

Dilihat dari bahannya , coba kita bahas satu persatu (ga lama kok ...paling 3 jam...whahahaha....). Bahan utamanya disini bisa dibilang ada 3 Tempe , Tahu dan Daun Kemangi. Ditambahkan ikan asin boleh atau ayam yang sudah digoreng terdahulu boleh atau apa saja sesuai selera. Kali ini yang ada didapur saya ya ini , tempe -tahu - daun kemangi. Buat menu makanan sehari - hari atau untuk bekal jika pergi jauh oke kok :)
Nih resepnya.......(maaf kalo ada kekurangan disana sini , maklum resep mengarang sendiri sih....hehe)

bahan:
tempe ukuran kira2 15x10x3cm, potong sesuai selera
1 atau 2 buah tahu cina, dipotong dadu
1 ikat kecil daun kemangi, ambil daunnya saja
2 buah cabe merah, iris miring tipis
4 buah bawang merah iris
2 buah bawang putih iris
1 lbr daun salam
(kalo pake ikan asin, tambahkan daun jeruk, serai dan jahe sdikit)

bumbu:
garam
lada halus
gula
penyedap (kalo suka)

cara buat:

  • goreng terlebih dahulu tempe, tahu dan ikan asin(kalo pakai) lalu sisihkan.
  • panaskan minyak secukupnya lalu tumis bawang merah, bawang putih dan cabe merah hingga harum.
  • lalu masukan tempe, tahu lalu aduk rata. bumbui , beri air dan aduk rata lagi.
  • lalu masukan daun kemangi . aduk rata hingga matang.angkat
note:
Te = tempe
Hu= tahu
Monday, 16 November 2009

Butter Cake Perdana

Ini adalah hasil karya ku yang pertama....jelek amat...hahahahaha......
Yaaaa....ya sih emang, soalnya ini adalah pertama kalinya aku bikin yang namanya cake. Kalo dulu pernah dan seringnya kue kering, tapi kalo cake ......inilah yang pertama kali....

Buat ku ga masalah jelek atau ga, yang penting ludes dan suami juga anak bilang enak...... karena aku pake butter dan extract vanili asli.
emang beda ya cake murah dan mahal........ bisa dirasa dari hasilnya :)

kebayang ,aku sama sekali belum pernah ikut kursus dekor apapun....... soal resep juga ngambil dari internet, bermodal dari liat sana sini.....
oya utk resep aku pake resep butter cake nya yang banyak diposting di internet yaitu resep nya NCC.

 



 


  


Nah yang ini........"ratu ketjil" ku aja ikutan bantu....
anteng banget.....kayaknya kaka seneng juga baking ya :D




Sunday, 15 November 2009

Kroket Nasi Keju Panggang (Rice Cheese Croquette)

Resep unik dari hasil browsing internet, yang punya blog ga tau namanya tapi blognya Haleygiri@multiply. Anyway thanks mba....Nah coba deh , ini juga yang suka saya buat untuk anak tercinta tapi bukan kroket yang sya buat tapi dadar nasi....:)

bahan:
1 mangkuk nasi
3 sdm margarin
1/2 butir bawang bombay (kecil), iris kotak2
1 sdt mustard
seujung kecil sdt Italian mixed herbs (klo kebanyaken ntar kek jamu)
4 sdm edam parut
garam, merica bubuk, dan pala bubuk
1 butir telur
keju mozarella dipotong2 dadu untuk isi
bread crumb secukupnya


cara membuat:
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombang
2. Masukkan mustard, aduk rata
3. Masukkan nasi, aduk rata, lalu keju edam, mixed herbs, garam, merica, pala. Aduk hingga rata, icipi dan tambahkan hingga pas.
4. Matikan api. Masukkan telur, aduk rata.
5. Gulung bentuk kroket dengan keju mozarella sebagai isian. Gulingkan dalam bread crumb.
6. Panggang di oven atau di wajang teflon. Bolak balik
7. Enak dimakan selagi hangat




Monday, 9 November 2009

Tumis Acar Kuning Sederhana

Ini masakan sudah lama banget buatnya dan sering disajikan dirumah. Tapi karena satu dan lain hal, baru sekarang saya upload disini. Sebenarnya hanya untuk berbagi aja buat yang setiap hari menyajikan masakan dirumah. Cara membuatnya gampang banget, dan anak saya umur 5,5 tahun aja juga suka. Kalo ga mau pedas jangan dikasih cabe rawit. Pakai santan biar melekoh dikit juga boleh ..... :)



bahan:
2 batang wortel, kupas dan potong bentuk korek api
3 batang jagung muda, bersihkan dan iris miring
3 batang ketimun, cuci bersih dan potong korek api
7 bh cabe rawit utuh
garam secukupnya
gula secukupnya
penyedap (kalo suka)

bumbu halus:
2 bh bawang putih
3-4 bh bawang merah
1 ruas kunyit
1 bh kemiri

cara membuat:

  1. siapkan semua bahan, cuci bersih dan sisihkan.
  2. tumis bumbu halus hingga setengah matang dan harum, masukan bahan kecuali cabe rawit. Masak dan aduk rata lalu beri air secukupnya. bumbui garam dan gula.diamkan sejenak.
  3. setelah setengah matang, masukan cabe rawit lalu aduk lagi hingga matang.angkat.
  4. kalo mau lebih enak bisa tambah santan. secukupnya aja sesuai selera. (kira-kira 100cc)
sumber : resep asli Dapur Nera
Sunday, 18 October 2009

Butter cake 2 telur

Ngomong ngomong soal duduk sore hari ditemani dengan teh manis hangat dan sepotong kue yang ringan, memang dambaan setiap orang. Apalagi tanpa harus memikirkan kerjaan kantor yang menumpuk, urusan rumah tangga yang tidak ada habisnya, dan lain lain. Nah yang satu ini cocok untuk minum teh sore hari di teras rumah atau taman kecil belakang rumah........uhuuyyyy.............

Kali ini aku pengen buat Butter Cake 2 telur dari Ibu Fatmah - NCC. Emang nih resep bisa di modifikasi pake apapun , tapi kali ini aku bikin sesuai dengan resep asli.




sebenernya resep nya udah banyak 'ngalor-ngidul' di internet dan di web NCC juga ada. Tapi ini aku post lagi deh....

Bahan:

120gr mentega
½ sdt vanili
250 g gula pasir
2 butir telur
200 g tepung terigu
1 sdt Baking Powder
150ml susu segar

Bahan pelengkap:
Gula bubuk dan bubuk kayu manis secukupnya

Cara membuat:
  1. Panaskan oven 180 derajat Celcius.
  2. Kocok mentega, gula, vanili hingga mengembang dan pucat. Masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
  3. Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata. 
  4. Oven hingga matang (lebih kurang 30 menit untuk loyang kotak 22 cm, tinggi 3-4 cm).
  5. Angkat, dinginkan. Taburi gula bubuk dan kayu manis, potong-potong.




lagi lagi foto ga maksimal......... tapi ini foto asli buatan Dapur Nera lohhh.......... jangan dicuri ya...... :)
Sunday, 4 October 2009

Ayam Pop

Satu lagi juga dari milis...
bahan:
1 ekor ayam kampung, potong-potong, cuci bersih, buang kulitnya
2 buah jeruk nipis
800 ml air
6 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
garam
minyak goreng
100 ml susu

bahan sambal:
12 buah cabai merah keriting
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
100 ml air
2 tomat ukuran kecil
gula pasir
garam

CARA:
ayamnya:
lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam, diamkan
didihkan air, rebus bersama ayam, bawang merah dan bawang putih halus, garam sampai ayam matang
panaskan minyak goreng, goreng ayam sebentar, angkat

sambal:
rebus cabai dan bawang, haluskan
tumis hingga harum
masukkan tomat utuh, garam, gula
masak hingga tomat layu dan bumbu matang

sumber: unknown (milis)

Ayam Pop

Ini bukan browsing dari Internet tapi dari hasil bagi bagi resep di milis yang saya ikuti. Sayangnya saya lupa siapa yang kirim dan email email yang masuk sudah banyak yang saya hapus. Maaf kalau tidak berkenan. Kalau ada yang merasa ini resepnya, boleh hubungi saya untuk konfirmasi agar saya perbaiki sumbernya. terima kasih....

Bahan I
1 Ekor ayam
1 Bungkus Royco rasa ayam
Air Kelapa, untuk merebus ayam
1 Sendok Makan Cuka
3 Lbr Daun Jeruk
2 Siung Bawang Putih, dikeprak lalu di iris kecil2
2 Siung Bawang Merah, di iris
Sedikit jahe, dikeprak
Garam secukupnya
Gula secukupnya.

Bahan untuk Sambal :
Minyak Goreng
1 Buah Tomat di potong2 dadu.
15 Cabe Merah
4 Siung Bawang Merah
Ctt : Cabe merah dan bawang melah di giling, tapi jangan sampai terlalu halus.


Cara Membuatnya :
1. Ayam yang telah dicuci bersih, ditaburi royco lalu aduk-aduk
biar tercampur rata kemudian diamkan sebentar biar bumbu
meresap.
2. Siapkan wajan. Masukan semua bahan I (kecuali royco).
Masak hingga air tinggal sedikit.
3. Ayam yg telah di ungkep dg bumbu kemudian digoreng
sebentar dlm minyak panas.

Untuk sambal :
1. Tumis dulu tomat yg sudah dipotong dau sampai hancur, ini
berguna supaya sambalnya bisa tahan dan tidak cepat basi.
2. Setelah tomat hancur, kemudian masukan cabe merah +
bawang merah yg telah dihaluskan. Terakhir masukan kaldu
dari rebusan ayam tadi.

sumber: unknown




Lele Goreng Saus Cabai

Salah satu dari sekian banyak resep yang saya browsing dari Internet. Kayaknya enak tuh kalau makannya di tepi sawah..hehe...

Bahan:
150 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
½ sdt lada bubuk
½ sdt garam
1 butir telur ayam, kocok
175 ml air
1 btg daun bawang, iris tipis
4 ekor (600 gr) lele segar, bersihkan, cuci dan tiriskan
minyak untuk menggoreng

Bahan saus:
2 sdm mentega
2 siung bawang putih, cincang halus
2 buah cabai merah, buang biji, iris serong tipis
2 sdm saus tomat botolan
100 ml kaldu ayam
2 sdm kecap asin
2 sdm gula palem
½ sdt lada bubuk
2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
1. Aduk tepung terigu, tepung maizena, merica, garam, telur, dan air, hingga menjadi adonan yang licin. Masukkan daun bawang, aduk rata.
2. Panaskah minyak, celupkan lele ke dalam tepung, goreng sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
3. Buat saus: panaskan mentega, tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai, saus tomat, kaldu ayam, kecap asin, gula palem, lada, dan larutan tepung maizena, aduk sampai rata.
4. Sajikan lele goreng bersama sausnya.

Resep: Nuraini Wahyuningsih
Uji Dapur: Klub Nova
Penata Saji: R. Rudy Gunawan

Rujak Cirebon

Resep ini saya dapat dari browsing juga, belum pernah coba sih.....tapi tertarik.padahal saya juga ada keturunan Cirebon. Dan setelah di ingat ingat ternyata saya pernah makan makanan ini waktu kecil dulu tapi ga tau deh cara bikinnya. Waktu itu yang buat adalah nenek saya tercinta, Ibu Kanita Aria.

bahan:
100 gram kangkung, rebus
50 gram kecipir, potong tipis, rebus
100 gram taoge, rebus
50 gram kacang panjang, potong 3 cm, rebus
50 gram daun melinjo, rebus

bahan saus, haluskan:
100 gram kacang tanah, goreng
1 buah pisang batu
2 buah cabai merah
3 buah cabai rawit
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh terasi
1 sendok teh asam
3 sendok makan kecap manis
100 ml air

cara membuat:
Campur semua saus lalu tambahkan air. Aduk sampai kental.
Susun sayuran di atas piring. Siramkan saus.

sumber: unknown

Serabi Kuah

Bahan:
175 gr tepung beras
75 gr tepung kanji
25 gr tepung terigu
2 sdt garam
2sdm gula pasir
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdm air suji yang dibuat dari 15 lb daun suji dan 2 lb daun pandan lalu
ditumbuk dan
diperas dengan 100 ml air. (kemudian campur dengan santan encer).

Biang:
25 gr tepung terigu
1/4 sdt soda kue
50 ml air

Bahan saus:
500 ml santan dari i butir kelapa
175 gr gula merah, diiris tipis
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
2 lb daun pandan

Cara membuat:
1. Aduk bahan biang, lalu diamkan 15 menit. Sementara itu aduk tepung
beras, tepung kanji, dan tepung terigu, tambahkan garam, gula, lalu
masukkan santan encer sambil diuleni selama 30 menit.
2. Masukkan biang lalu uleni lagi sambil dikeprok-keprok. Sambil dituang
santan hingga habis. Terakhir masukkan santan kental.
3. Panaskan cetakan pofferces/cetakan serabi. Isi dengan ampas kelapa agar
tidak lengket. Setelah panasnya rata, tuang adonan , lalu masak sampai matang.
4. Rebus bahan saus sampai mendidih sambil diaduk lalu saring. Sajikan
serabi dengan saus.

Untuk 20 buah.

Tips :
1. Pilih soda kue yang masih baik kualitasnya agar kue mengembang sempurna.
2. Cetakan diisi dengan kelapa parut /ampas kelapa dan dibiarkan agak lama
supaya kelapa tidak menempel.
3. Pukul2 serabi dengan kuat 15 menit.

sumber: dapurbunda

Martabak Tahu

Ini resep saya dapat dari browsing di Internet juga, sumbernya dari variasi sarapan non nasi oleh Sufi SY. Buat yang gemar sama martabak, apalagi martabak telur resep ini boleh tuh untuk dicoba :)

Kategori Masakan : Masakan Indonesia



bahan:


adonan kulit:
2
butir telur
50
gram tepung terigu
1/3
sendok teh merica bubuk
500
cc air
1
sendok makan minyak sayur atau mentega cair
Garam secukupnya

Bahan
 isi:
2
potong tahu putih, cincang kasar
250
gram daging giling
3
batang daun bawang, iris halus
2
sendok makan minyak goreng untuk menumis
1
sendok teh bumbu kari bubuk
1/2
sendok teh merica bubuk
4
siung bawang putih, haluskan
4
butir bawang merah, haluskan
4
buah cabai hijau, iris halus

Cara Mengolah :
Cara membuat isi:
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih halus sampai harum.
2. Masukkan daging giling, aduk-aduk sampai daging berubah warna.
3. Masukkan bumbu kari dan merica bubuk, tuang 1/2 gelas air/kaldu.
4. Masak sampai bumbu meresap.
5. Tambahkan tahu, daun bawang dan cabai hijau iris, aduk rata.
6. Setelah semua bahan matang, matikan apinya, sisihkan.

Cara membuat Martabak:
1. Campur bahan untuk adonan dadar, aduk rata.
2. Panaskan wajan dadar (gunakan anti lengket), olesi sedikit minyak goreng.
3. Masukkan 2-3 sendok makan adonan telur, buat dadar sampai matang, angkat.
4. Siapkan selembar dadar, beri bahan isi, kemudian lipat seperti amplop, atau gulung sesuai selera.
5. Kerjakan untuk sisa bahan sampai habis.
6. Lumuri dengan telur kocok, kemudian goreng di atas api sedang sampai kulit kecokelatan. Angkat, tiriskan.
7. Hidangkan bersama saus tomat atau saus sambal, sesuai selera.


Tuesday, 29 September 2009

Tart Susu / Eggtart

Ukuran porsi: 20 potong

Bahan-bahan
Lapisan bawah:
  • 10 butir kuning telur
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili ekstrak
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 375 cc susu kental manis
Lapisan atas:
  • 10 butir putih telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh cream of tartar
  • 1 sendok makan kismis
cara membuat:

Lapisan bawah: kocok kuning telur, gula, 1/2 resep garam, dan vanili hingga putih, lalu campurkan susu kental manis dan tepung terigu, aduk rata.

Tuang pada loyang (20 cm x 20 cm) yang telah diolesi dengan margarin, lalu panggang dalam oven (180 derajat Celsius, 25 menit) sampai kental dan hampir matang.

Lapisan atas: kocok putih telur, gula, 1/2 resep garam, dan cream of tartar sampai naik, kaku, dan berwarna putih.

Tuangkan ke atas adonan lapisan bawah yang masih setengah matang, taburi dengan kismis, lalu panggang lagi sampai seluruhnya matang dan kecoklatan.

sumber: unknown

Pudding Coklat

Bahan :
1 Bungkus agar-agar bubuk (warna putih atau coklat)
20 gr coklat bubuk
1 kaleng susu kental manis coklat
750 ml air
¼ sdt garam

Bahan Saus:
250 ml susu cair
1½ sdm tepung maizena
1 kuning telur
50 gr gula pasir
1 sdm rhum, jika suka

Cara membuat:
1. Aduk susu kental manis dan air.
2. Tambahkan agar, coklat bubuk, dan garam. Aduk sampai coklat
larut. Rebus sambil diaduk sampai mendidih. Angkat. Tuang ke dalam
cetakan lalu dinginkan.
3. Saus : aduk semua bahan saus kecuali kuning telur lalu masak
sambil diaduk sampai meletup-letup.
4. Ambil 1 sendok sayur adonan saus, tuang ke kuning telur sambil
diaduk. Masukkan campuran telur tadi ke dalam rebusan saus sambil
diaduk hingga meletup-letup. Angkat dan dinginkan.
5. Setelah saus dingin, masukkan rhum (jika suka). Aduk.
6. Sajikan puding coklat dengan siraman saus susu.

sumber: -yani-letsmakecookie.blogspot.com
Monday, 28 September 2009

Brownies Kukus Cheese Drop


Bahan A:
20 btr kuning telur
7 btr putih telur
450 gr gula pasir
1 sdt garam
20 gr emulsifier
1 sdm rhum bakar (optional)
300 gr terigu
20 gr maizena

100 gr coklat bubuk

Bahan B:
250 gr white cooking chocolate, lelehkan
300 gr cheese cream, kocok
2 btr telur utuh
120 gr terigu
100 gr cheese spread

Bahan C:
350 gr mentega
200 gr milk cooking chocolate/potong kecil2
1 sdm coklat pasta BF

Cara membuat:
1. Kocok bahan A sampai putih dan mengembang
2. Cairkan bahan (C ) mentega, siram kedalam coklat yang telah
dipotong2 aduk sampai coklat cair semua, tambahkan coklat pasta.
3. tuang mentega dan coklat leleh tadi ke adonan kocokan telur, aduk
rata, tambahkan coklat bubuk yang telah diayak sebelumnya.
4. Bagi adonan menjadi 3
5. Aduk bahan B hingga tercampur rata, sisihkan.
6. Tuang 1 bagian adonan coklat kedalam loyang, 30x30x10cm, beri adonan
chees secara acak dengan sendok makan atau semprot menggunakan piping
bag, kukuskurang lebih 20 menit.
7. Tuang lagi diatasnya, 1 bagian adonan, lakukan spt yg pertama hingga
lapisan ketiga, kukus lagi selama 20 menit.

sumber: Odilia Winneke
Saturday, 26 September 2009

Lumpia Basah

Original recipe by Hanna Keluarga Cinta
Modified by Shirley Dapur Solia

Bahan Kulit:

220 gram Tepung terigu protein rendah
120 gram Tepung beras
200 gram Telur utuh (kurang lebih 4 butir, memanfaatkan sisa stok putih telur juga bisa)
700 ml Air
150 ml Minyak goreng
1 sdt Garam
1 sdt Kaldu ayam bubuk

Bahan Isi:

1 kg Rebung, rajang halus / cincang kasar, rebus dengan tawas, bilas, rebus dengan air bersih 2 kali sampai bau pesingnya hilang, tiriskan
5 buah Bawang putih, cincang
3 buah Telur ayam utuh, beri garam sedikit, jadikan scrambled egg
100 gram Dada ayam, rebus, cincang halus
200 gram Udang utuh, bersihkan, potong tiap ekor menjadi 2-3 bagian
25-30 gram Ebi, rendam dengan air panas, ules halus
4 sdm Kecap manis
2 sdt Garam (atau sesuai selera)
2 sdm Gula pasir (atas sesuai selera)
1 sdt Merica (atau sesuai selera)
1-2 sdm Saos tiram
4 sdm Minyak goreng
Air sedikit

Bahan Saos:

* Versi I menggunakan gula merah cair saja


Gula merah
Air
Bawang putih cincang
Garam
Maizena

* Versi II menggunakan tauco

1 sdm Minyak goreng
5 siung Bawang putih, haluskan
10 sdm Tauco manis, haluskan
2 sdm Saos tomat
2 sdt Gula pasir
1/2 sdt Merica bubuk
1/2 sdt Garam
250 ml Air
2 sdm Maizena, larutkan dengan 4 sdm air

Lain-lain:
Lombok rawit
Bawang daun yang kecil batangnya, bersihkan


Cara Membuat:
Kulit:
1) Campur terigu, tepung beras dan telur hingga agak rata. Masukkan air, garam, kaldu bubuk, minyak goreng, aduk sampai tercampur dan halus. Saring jika ada grindilan yang tidak diinginkan.
2) Panaskan wajan dadar teflon ukuran 20cm, masukkan 1 sendok sayur adonan, buat menjadi dadar yang tipis.

Isi:
3) Tumis bawang putih dan merica dengan sedikit minyak hingga harum.
4) Masukkan ebi, udang dan ayam cincang, masak hingga berubah warna.
5) Masukkan rebung.
6) Bumbui dengan kecap, garam, gula. Masukkan air (sedikit saja, ± 1/2 cup, supaya tidak gosong dan lengket ke wajan dan membantu bumbu meresap).
7) Masukkan scrambled egg
8) Tambahkan saos tiram (sengaja saos tiram dimasukkan belakangan karena jika kena minyak goreng terlalu lama akan ada aroma sangit)
9) Aduk rata, tutupi dengan tutup wajan / panci, biarkan. Sesekali buka tutupnya dan aduk2. Tes cicip. Biarkan sampai air habis dan bumbunya meresap, matikan kompor.
10) Dinginkan sebelum dipakai (jika dipakaikan dalam keadaan panas, kulit lumpia akan pecah/ robek)

Saos:
Versi I:
11) Hancurkan gula merah, beri sedikit air hingga gula mencair. Saring.
12) Jerang lagi gula merah cair, masukkan cincangan bawang putih, bubuhi garam sampai asinnya pas sesuai selera
13) Kentalkan dengan maizena.

Versi II:
- Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, masukkan tauco, saos tomat, gula pasir, merica, garam sampai mendidih. Masukkan larutan maizena, aduk hingga mengental

Penyelesaian:
14) Masukkan 2-3 sdm adonan isi, lipat kulit lumpia seperti amplop (dari pengalaman, paling bagus lipat sisi kiri dan kanannya, lalu gulung)
15) Hidangkan dengan cabe rawit, saos coklat dan bawang daun yang sudah dibersihkan
16) Jika memungkinkan, simpan sisa lumpia yang belum dimakan di wadah yang agak berhawa supaya tidak keringatan (misal di besek)

Catatan (revised on 8 Jul 2009):
Satu kilo rebung bisa menghasilkan 25-28 buah lumpia ukuran besar (adonan isi = 2 sdm munjung), atau 35 buah lumpia ukuran mini. Jika akan dijual, timbang adonan isi terlebih dahulu untuk menentukan berapa berat adonan isi yang diinginkan. Jika kurang dari kebutuhan, tambahkan scrambled egg.

sumber: resepkeluargacinta.blogspot.com

Empal Daging / Gepuk

By: Lia, Dapurgue
Bahan:
500 gr daging bagian paha
1 sdm gula merah
1.5-2 sdt garam

1 liter air
500-750ml santan (sedang ato kental terserah)
Rempah:
5 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
2 batang sereh, geprak
4 cm lengkuas, geprak
3 sdt ketumbar bubuk

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
4 cm kunyit
2 cm lengkuas

Cara:




Rebus daging dengan air hingga setengah empuk. Tiriskan daging dan iris2 searah serat, sisihkan kaldu untuk keperluan lain. Satukan daging, santan, garam, gula, rempah2 dan bumbu halus di wajan, ungkep tertutup rapat dengan api kecil hingga empuk banget dan bumbu hampir mengering. Angkat potongan daging, kalo perlu memarkan pake ulegan *tanpa dimemarkan sebenernya udah rada babak belur sih* Panaskan sedikit minyak di wajan datar, ratakan. Goreng empal sekitar 2 menit setiap sisi atau sampai kecoklatan. Sajikan dengan sayuran.
Note:
Gunakan air kelapa untuk memeras santan agar warna coklatnya lebih cantik, kurangi gula secukupnya.
Wednesday, 23 September 2009

TBK Sinar Himalaya, dimanakah kau ?

'cuapeekk' itulah komentar yang bisa aku kasih untuk hari ini. Pergi dari jam 11.00 siang setelah menjemput anakku pulang dari sekolahnya dan langsung pergi ke daerah Kota-Jakarta Pusat untuk mencari TBK Sinar Himalaya daann..ga ketemu lagi. Hebatt !! *plok plok plok*

Yang ada hanya tertinggal capek, laper dan pusing banget. Tau sendiri kan lagi puasa gini, hihi...siapa suruh nyari sekarang. Udah gitu anakku ikut serta juga dalam 'pencarian' TBK ini. wuiihh lumayan badan pada retak-retak nih :D . Karena ditengah pencarian, Baby minta gendong. Memang sih Baby ga bilang ke mamanya tapi namanya juga naluri seorang ibu.
Masa sih aku biarkan anakku kecapekan dan kepanasan juga penuh debu berjalan sempoyongan ?! Ga mungkin ya kan ?! Yaa akhirnya aku gendong juga, lumayan bikin punggung agak 'bengkok' hihihi....

nyari san sini....ada sih gang yang disitu terdapat ruko ruko yang menjual bahan kue tapi ga lengkap dan hanya menjual spesifik bahan makanan. mm...kayaknya bukan dehhh.....:( ....jalan laggiiiii.....

Terus menyusuri jalan di gang itu ternyata ga ada yang namanya TBK Sinar Himalaya. Ada juga Sinar Baru dan sinar apalagi dehhh. Udah keliling keliling...ahh nyerah lah. Lainkali lagi deh aku kesini.
Atau jangan-jangan alamat yang aku catat salah....

Ya udah ga apa-apa , namanya usaha. Tapi akhirnya aku nemuin beberapa toko bahan makanan dan kue yang terpencil.........malah ada agen kurma dari berbagai daerah di Timur Tengah lohhh.......:D

Lumayan buat 'kelilling' hari ini........
tetap semangat !!!!
Thursday, 17 September 2009

Roll Cake Dasar

Ingredients:
10 btr Kuning Telur
5 btr Putih telur
110 gr gula pasir
100 gr terigu (bisa diganti 85 gr terigu 15 gr maizena)
25 gr susu bubuk
130 gr margarine
1 sdt Emulsifier (optional)

Directions:
- Kocok Telur dan gula (dan emulsifier jika di gunakan) hingga mengental putih dan berjejak
- Campurkan tepung dan susu bubuk yang telah di ayak, aduk dengan spatula
- campurkan margarine yang sudah dicairkan, aduk hingga rata
- Tuang pada loyang 30X30
- Oven dengan suhu 180-200 derajat selama 10-12 menit



sumber: elkaje

Tahu Telur

Bahan2nya:
Tahu putih yang segar
Telur ayam
Lontong

Bumbu kacang:
Kacang Tanah goreng
Cabe rawit
Gula merah
Petis Udang/Petis manis
Bawang putih goreng
Bawang merah goreng untuk taburan
Daun sledri untuk taburan
Air putih masak
Krupuk gado2
Cara membuat:
Potong2 tahu berbentuk dadu lalu masukkan dalam wajan dengan sedikit minyak.
Goreng tahu setengah matang. Kocok telur beri sedikit garam dan merica bubuk.
Lalu tuangkan kocokan telur diatas tahu yang mulai setengah matang, dimulai dari pinggir minyak memutar mengitari tahu.
Sisa telur putar2 diatas tahu agar supaya semua tahu terkena telur dan tidak pecah.
Balik pelan2 omelet tahu telur ini. Usahakan telur benar2 masak, dengan mempergunakan api kecil.

Bumbu:
Haluskan cabe, kacang tanah dan bawang putih goreng.
Setelah itu masukkan petis udang dan gula merah. Beri sedikit air matang.
Haluskan sampai petis merata tercampur dengan kacang tanah.
Letakkan beberapa potong lontong dalam piring. Letakkan Tahu Telor diatas lontong.
Tuang bumbu kacang di atas Tahu Telor. Taburi dengan bawang merah goreng dan irisan sledri.
Terakhir krupuk gado2nya.

Tahu Telor di Malang memakai bumbu petis karena berdekatan dengan kota petis Sidoarjo. Ada juga Tahu Telor yang tidak mempergunakan petis dalam bumbu kacangnya.
Membuat Tahu Telor
Bumbu yang dipakai adalah bumbu kacang dadakan atau diulek saat itu juga seperti membuat rujak cingur atau gado2 di Bandung bumbunya juga dibuat dadakan.

sumber: Unknown

Omelet Spanyol

Bahan:
75 gr bawang bombai (cincang)
3 lembar beef bacon(bisa di ganti,daging asap atau kornet)
300 gr kentang,(rebus dan potong potong 1x1 cm)
50 gr paprika hijau (potong potong kotak kecil)1x1 cm
2 buah tomat (buang bijinya potong potong kotak kecil) 1x1 cm
2 btg saledri (ambil daunnya,iris halus)
1 sdm margarin
4 btr telur,kocok
1/4 sdt merica
1/2 sdt garam

Cara membuat:
  1. Panaskan margarin tumis bawang bombai,hingga layu.
  2. Masukkan beef bacon (daging asap atau kornet),kentang, paprika dan tomat.
  3. Aduk hingga rata,angkat, masukkan saledri yg di iris halus,aduk hingga rata.Angkat, sisihkan
  4. Kocok telur dgn merica dan garam hingga rata,lalu dadar di atas wajan yg sdh di olesi margarin.
  5. Ratakan tumisan no 1 dan 2 di atas dadar,Tutup wajan..
  6. Masak hingga ke 2 sisinya matang..
dikutip dari: milis dapurbunda-Nie 273
Note:
Gunakan api yg kecil spy dadar matang merata
Ciri khas omlet spanyol hanya menggunakan kentang kukus,Dan memasaknya tdk di balik.
Biasanya jk saya membuat,saya taburi keju leleh.
resep by buku Primarasa

Nasi Goreng Kencur

Bahan:
300 gr fillet ayam (ayam goreng sisa di suir suir)
3 sdm minyak goreng
2 sdm kecap manis (bisa di tambah atau di kurang sesuai selera
2 buah cabe merah,buang bijinya.Iris iris.
750 gr nasi
Bawang goreng
telur dadar iris atau mata sapi

Bumbu:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
50 gr kencur kupas
1 1/2 sdt garam (bisa di tambah sesuai selera)

cara membuat:
Iris tipis fillet ayam.potong kecil kecil sisihkan
Panaskan minyak goreng,tumis bumbu hingga matang dan harum.
Masukkan ayam aduk sampai berubah warna,tuang kecap,aduk hingga tercampur rata.
Masukkan nasi aduk hingga nasi tercampur merata dan seluruh bahan matang.
Angkat,sajikan nasi goreng dgn taburan bawang goreng,telur dadar iris atau mata sapi

sumber: milis dapurbunda-Nie 273

Ayam Taliwang

Bahan:
1 ekor ayam buras
100 ml minyak sayur
1 buah jeruk limau, ambil airnya

Bumbu, haluskan:
14 buah cabai merah kering
12 butir bawang merah
8 siung bawang putih
100 g tomat merah
2 sdt terasi goreng
5 cm kencur
25 g gula Jawa
2 sdt garam

Cara membuat:


Belah ayam dari bagian tengah dadanya hingga ke arah leher. Balikkan ayam dan tekan hingga terbuka.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Angkat.
Perciki air jeruk limau, aduk rata.
Lumuri ayam dengan bumbu hingga rata.
Taruh di atas loyang datar, panggang dalam oven panas 180 C selama 1 jam hingga matang. Balik-balik dan olesi bumbu sekali-sekali. Angkat.
Panggang ayam di atas bara api arang hingga agak kering.
Angkat. Sajikan hangat dengan sisa bumbunya.
Untuk 6 orang
sumber: milis detikfood

Nasi Goreng Kuning

BAHAN:
750 gr nasi putih dingin
100 gr teri medan goreng matang
3 sdm minyak goreng
emping goreng untuk menyajikan

HALUSKAN:
5 cm kunyit
6 bh bawang merah
8 cm kencur
2 sdt garam

CARA MEMBUAT:
1. Tumis bumbu halus sampai matang.
2. Masukkan nasi sambil diaduk hingga matang..
3. Angkat lalu sajikan dengan taburan teri medan goreng dan emping goreng.

Untuk 6 orang.
sumber: Sheila Samantha

Tagliatelle Bayam (Mie ala Barat)

bahan:
200 gr terigu protein tinggi (cakra kembar)
1 btr telur ukuran besar
1 ikat bayam ( 50-75 gram kayaknya)
1/2 sdt garam

caranya:

1. cuci bersih bayamnya dan rebus.
2. Peras bayamnya dan hancurkan dengan food prosessor. ( kalo gak ada FP, saya suka blender ajah bayemnya dengan telurnya :d)
3. Masukan terigu kedalam wadah, buat lubang seperti sumur di tengah2 terigu dan masukan campuran bayam plus telur tadi.
4 uleni sampai kalis. awalnya akan terasa keras jangan di tambah cairan apapun.
5. Tutup dengan tutup panci atau baskom. Diamkan selama 15 menit.
6. gilas adonan sampai pipih menggunakan gilingan pasta atau tongkat penggilas.
7. Tebalnya ( klo versi NHK 2 mm , tapi percayalah ini ketebelan buat bayi mah) saya giling lagi kira2 1 mm-0.5 mm.
8. potong2 menggunakan gilingan mie yang paling halus atau potong2 dengan pisau dengan lebar 0,5 mm
9. rebus pasta dengan mencapurkan garam dan margarin  kedalam air rebusannya.
10. angkat bila dirasa tingkat keempukannya sudah cukup bisa dikunyah oleh anak kita.

sumber: Ranny WS
Wednesday, 16 September 2009

Mie Ayam sederhana ala Dapur Nera



Ini mie ayam udah dibuat beberapa hari yg lalu dan difoto pada hari itu juga tapi baru diposting sekarang. Maklum deh abis baru sempat.....biasaa.. sok seksi sibuk hihihi....
Mie ayamnya aku beli yang sudah jadi abis kalo mau bikin selain repot, bahannya ga lengkap dirumah. Jadi aku tinggal bikin topping nya aja.

Ini termasuk mie ayam sederhana kok....jadi bumbu dan bahannya ga gitu wah dengan variasi isi.
silahkan di contek :)

bahan:
3 porsi mie ayam mentah
200 gr jamur merang segar, dipotong-potong.
300 gr daging ayam potong-potong/cincang kasar.
2 bh bwg putih, cincang.
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
sedikit bumbu kaldu (kalo suka)
1/2 sdt lada
minyak goreng
kecap asin secukupnya

pelengkap:
cincangan daun bwg dan seledri
tong cai manis cincang kasar
bwg goreng

cara membuat:
  1. tumis bwg putih lalu masukan ayam, aduk hingga 1/2 matang lalu masukan jamur dan bumbu lainnya seperti garam, saus tiram, lada, gula dan sedikit kecap asin.
  2. lalu aduk hingga matang. Beri air secukupnya kalo mau agak berkuah.
  3. siapkan mie dengan cara merebusnya. Lalu tiriskan dan taburi dengan daun bawang, bawang goreng, tong cai dan topping ayam jamur tadi. sajikan.

Butter Cheese Cake

Bahan A:
200 gram Mentega 1 (Orchid unsalted)
25 gram Mentega 2 (Orchid unsalted)
75 ml Susu cair (Ultra plain)
75 gram Keju cheddar, parut
½ sdt Kulit jeruk parut
175 gram Gula pasir (jika bisa gunakan gula kastor yang berbutir kecil-kecil)
5 butir Kuning telur

Bahan B:

225 gram Tepung terigu protein sedang atau all purpose flour
1½ sdt Baking powder
¼ sdt Garam

Bahan C:
5 butir Putih telur
1 sdt Air jeruk (lemon atau nipis)

Cara Membuat:
1. Siapkan 6 loyang chiffon mini, poles dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu hingga rata.
2. Campur susu cair, keju parut dan mentega 2 dalam panci / mangkuk stainless kecil lalu tim hingga larut menjadi cairan keju yang homogen
3. Panaskan oven hingga suhu 180 °C.
4. Kocok mentega 1 dan cheese cream hingga mengembang dan pucat. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok. Masukkan kuning telur dan kulit jeruk sambil tetap dikocok hingga rata. Matikan mixer.
5. Ayak Bahan B ke dalam adonan mentega, aduk balik hingga rata. Sisihkan.
6. Di wadah terpisah, kocok bahan C hingga kaku, lalu secara bertahap campurkan dengan adonan gula-mentega. Aduk hingga rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama 30-40 menit (hingga matang dan lulus tes tusuk).

sumber: NCC

Laksa Jakarta (Jakarta's Traditional Soup)

Bahan:
1ltr       santan cair
½ ekr   ayam, potong 4
250ml   santan kental

Bumbu:
2 bt      sereh, memarkan
2 lbr     daun salam
2 lbr     daun jeruk

bumbu halus:
8 bh     bawang merah
4 bh     bawang putih
1sdm    ketumbar
1 pt      kunyit
1 pt      jahe
1 pt      lengkuas
2 bh     cabe merah
6 btr     kemiri
½ sdt    gula jawa
½ sdm  garam

pelengkap:
150 gr  bihun, rendam, tiriskan potong-potong
2 btr     telur rebus
2 ikat    daun kemangi, ambil daunnya
1 sdm   bawang goreng
2 bh     jeruk nipis, iris tipis.

Cara membuat:
  1. Tumis bumbu dengan 3 sdm minyak goreng hingga harum
  2. Masukkan santan cair, masak hingga mendidih
  3. Masukkan ayam, masak hingga matang, angkat. Suwir-suwir
  4. Tuang santan kental kedalam rebusan santan cair masak sambil diaduk hingga mendidih.
  5. Cara menyajikan: tempatkan bihun dalam mangkuk, beri suwiran daging ayam, irisan telur, dan daun kemangi. Tuangi kuah laksa, taburi bawang goreng. Sajikan dengan ditemani irisan jeruk nipis.
sumber : NCC

Blueberry Streusel Scones

source : joyofbaking.com

Ingredients :
2 cups (260 grams) all-purpose flour
1/4 cup (50 grams) granulated white sugar
2 teaspoons (10 grams) baking powder
1/8 teaspoon salt
6 tablespoons (85 grams) chilled, unsalted butter, cut into pieces
1 cup (150 grams) fresh blueberries
1 large egg, lightly beaten
1 teaspoon (5 grams) pure vanilla extract
1/2 cup (120 ml) milk or cream

Brushing tops of scones:
Milk or Cream

Streusel Topping:
1/4 cup (55 grams) brown sugar
1/4 cup (35 grams) all purpose flour
1/2 teaspoon ground cinnamon
2 tablespoons (30 grams) chilled unsalted butter, cut into pieces

Directions :
Preheat oven to 400 degrees F (205 degrees C) and place rack in middle of oven. Line a cookie sheet with parchment paper.

For the Scones: In a large bowl, whisk together the flour, sugar, baking powder and salt. Cut the butter into small pieces and blend into the flour mixture with a pastry blender or two knives. The mixture should look like coarse crumbs. Gently fold in the blueberries. In a small measuring cup combine the cream, beaten egg and vanilla. Add this mixture to the flour mixture and stir just until the dough comes together. Do not over mix the dough or the scones will be tough.

Transfer the dough to a lightly floured surface and knead the dough gently four or five times and then pat the dough into a circle that is about 7 inches (18 cm) round and about 11/2 inches (4 cm) thick. Cut this circle in half, then cut each half into four pie-shaped wedges (triangles). Place the scones on the baking sheet. Brush the tops of the scones with a little cream or milk.

For the Streusel Topping: In a small bowl whisk together the sugar, flour, and cinnamon. With a pastry blender or two knives, cut in the butter until crumbly. Top each scone with a teaspoon or two of the streusel mixture. Cover and refrigerate any leftover streusel mixture.

Bake the scones until nicely browned, about 18 - 22 minutes or until a toothpick inserted in the center of a scone comes out clean. Transfer to a wire rack to cool slightly. These are best eaten the day they are made but can be covered and stored for a few days.

Makes 8 scones
Tuesday, 15 September 2009

Dadar Gulung

Bahan :
250 gr tepung terigu /boleh campuran dari 200 terigu + 50 gr maizena/tapioka
3 butir telur
400 cc santan /susu
50 cc air daun suji + pandan, bisa diganti beberapa pewarna hijau
1/2 sdt garam
Isi :
1/2 butir kelapa parut
150 gr gula merah disisir
2 lb daun pandan
1/4 sdt garam
50 ml air
Cara membuat :
Kulit dadar :
1. Campur terigu dan garam, buat lubang ditengahnya.
2. kocok lepas telur, tuang ditengah lubang tepung tadi, aduk sambil ditambahkan santan sedikit demi sedikit hingga semua tepung tercampur rata dan halus.
3. panaskan wajan dadar, olesi sedikit dengan minyak/margarine. Tuang adonan, ratakan hingga menjadi adonan dadar yang tipis, angkat
4. Isi setiap dadar dengan bahan isi, lipat sisi bawah, kanan dan kiri, kemudian gulung.

Isi :
Campur semua bahan, aduk sampai tercampur rata dan masak hingga matang dan tidak berair.
Pewarna daun suji :
30 lb daun suji, 10 lb daun pandan, 50 ml air.
Potong2 kecil daun pandan dan suji, tumbuk hingga halus, tambahkan air dan saring atau semua di blender kemudian disaring.
Kalau mau diganti dengan pewarna, jumlah airnya bisa ditambahkan ke dalam adonan dadar.
Untuk mendapatkan hasil dadar yang mulus dan tidak sobek/lengket, pastikan wajan cukup panas, dan masak dengan api sedang atau panas secukupnya hingga benar2 matang.

Resep Muffin Peri

Bahan:
300 g Tepung
2 sdt Pengembang kue
150 g Gula pasir
1 buah Jeruk melon (aku pakai jeruk nipis)
50 g Mentega
225 ml Susu
1 btr Telur
100 g Selai Strawberry (gak pakai)

Hiasan:
175 g Gula tepung
2 sdm air perasan lemon (pakai air jeruk nipis)

Cara membuat:
1. Ayak tepung dan pengembang, tambahkan gula pasir, aduk rata
2. Parut kulit lemon. Sisihkan air perasannya
3. Masukkan mentega, kulit lemon dan 4sdm susu ke dalam panci, panaskan hingga mentega mencair. Tambahkan sisa susu.
4. Masukkan telur ke dalam ayakan tepung, aduk.
5. Masukkan larutan susu, aduk rata
6. Tuang ke dalam loyang muffin yg telah dioles minyak, hingga hampir penuh.
7. Panggang 15 menit hingga matang. Diamkan 3 menit dan keluarkan dari loyang. Dinginkan.
8. Belah dua dan oles dengan selai.
9. Ayak gula tepung dan campur dengan perasan lemon, tuang di atas muffin. Hias.


Abis bikin muffin, sekalian bikin Krim Dingin Strawberry...

Gak ada yg susah kali ini...paling2 Nixie ngancurin buah strawberry-nya gak kuat, jd masih rada kasar aja.
Berikut resepnya:

Bahan:
150 g Strawberry
4 sdm Gula tepung
4 sdm Yogurt kental (gak pakai)
150 ml Krim kocok kental (aku pakai 150g)
25 g Kue gula, hancurkan (meringue yg dibikin minggu kemarin)

[]
Cara membuat:
1. Lumatkan strawberry dengan garpu
2. Campur strawberry, gula tepung dan yogurt, aduk rata. Sisihkan.
3. Kocok krim hingga kental.
4. Masukkan campuran strawberry ke dalam mangkuk krim, aduk rata.
5. Masukkan kue gula, aduk rata.
6. Masukkan lemari es selama 2 jam atau hingga krim mengeras.
7. Sajikan.

by monica sutanto

Nasi Pandan

Bahan:
500 gr   beras putih
100 ml  santan kental
500 ml  air
1 sdm   garam
15 lbr    daun pandan
Cara membuatnya:
  1. Potong-potong daun pandan, blender bersama saparuh bagian air, saring peras. Campur air pandan bersama santan, dan sisa air hingga jumlah total menjadi 600ml.
  2. Kukus beras hingga panas, sambil masak campuran air pandan hingga mendidih. Matikan api.
  3. Campur beras panas dengan air pandan panas, aduk rata dan biarkan semua air terserap habis.
  4. Kukus kembali beras selama 20 menit. Angkat. Sajikan.
sumber : NCC

Parmesan Cheese Stick

Bahan:
300 gr      tepung terigu
200 gr      tepung sagu
1 sdt        garam
4 btr        telur
30 gr        mentega
100 gr      keju parmesan, parut
 
Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah campur tepung terigu, tepung sagu dan garam halus, aduk rata. Buat cekungan ditengahnya.
  2. Masukkan telur, aduk rata, beri keju parmesan, aduk dan uleni sampai bergumpal, tambahkan mentega, uleni terus hingga kalis.
  3. Tipiskan adonan dengan bantuan mesin giling mie, secara bertahap hingga paling tipis. Taburi tepung sagu, teruskan menggiling dengan pisau mie lebar.
  4. Panaskan minyak jumlah banyak, goreng chees stick hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Kemas dalam wadah rapat.
sumber : NCC

Es Kelapa Jeruk

Bahan:
2 bh      kelapa muda
5 bh      jeruk peras (jeruk siam)
1 ltr       air matang / air kelapa
300 gr   gula pasir
2 lbr      daun pandan

Cara membuatnya:
  1. Keruk daging buah kelapa muda, seduh dengan air panas, tiriskan. Tampung air kelapa secara terpisah.
  2. Syrup gula : masak air kelapa, gula pasir, dan daun pandan hingga gula larut. Dinginkan.
    Peras jeruk siam, ambil air jeruknya, sisihkan.
  3. Dalam wadah, satukan daging kelapa muda, air jeruk dan syrup gula, aduk rata.
  4. Tambahkan Es batu atau simpan dalam kulkas hingga saat disajikan.
sumber : NCC

Bubur Sum Sum Hijau

Bahan Bubur:
50 gr     tepung beras putih
200 ml   air daun pandan dan suji
300 ml   santan kental
½  sdt   garam

Bahan Kinca:
250 gr   gula jawa
100 ml   air
1 lbr      daun pandan

Cara membuatnya:
  1. Campur air suji dengan santan aduk rata. Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
  2. Masak sisa santan dan garam hingga mendidih, tuang cairan tepung beras, aduk rata biarkan mendidih dan bubur meletup-letup sebentar. Matikan api, angkat.
  3. Sajikan bubur dengan kinca gula jawa.
  4. Kinca: masak air, gula jawa dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Saring.
  sumber : NCC

Semar Mendem Isi Abon

Bahan:
500 gr   beras ketan
600 ml  santan
1 sdt     garam
2 lbr      daun salam
Abon sapi secukupnya

Bahan dadar:
250 gr   tepung terigu
3 btr      telur
500 ml  santan
½ sdt    garam

Cara membuat:
  1. Cuci beras ketan hingga bersih, kukus sampai panas kepul-kepul. Sementara itu masak santan, garam, dan daun salam hingga mendidih. Matikan api. Masukkan ketan panas kedalam santan, aduk hingga terendam. Diamkan sampai santan terserap habis dan beras ketan menjadi aron. Kukus lagi 20 menit. Angkat.
  2. Ambil 2 sdm ketan, pipihkan, beri 1 sdt abon, lalu bulatkan dan kepal-kepal padat, dan bentuk lonjong. Lakukan untuk semua ketan
  3. Dadar : taruh dalam wadah, tepung terigu, garam dan telur, aduk rata sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis. Buat dadar tipis-tipis.
  4. Penyelesaian: ambil satu lembar dadar, letakkan ketan kepal ditengahnya, lipat seperti amplop. 
sumber : NCC

Pudding Coklat Saos Tiramisu

Bahan:
2 bks   agar-agar putih
450 gr gula pasir
1,5 ltr   susu segar
50 gr   coklat bubuk
4 btr    kuning telur

Bahan Vla:
Lihat resep Tiramisu

Cara membuatnya:
  1. Cairkan coklat bubuk dengan sedikit air panas, aduk rata, sisihkan.
  2. Kocok asal kuning telur dengan garpu, sisihkan
  3. Masak susu, gula pasir dan agar-agar hingga mendidih, tuangi coklat bubuk yg sudah cair, aduk rata. Ambil sedikit adonan agar-agar, tuang kedalam kuning telur aduk rata, tuang kuning telur campur ini kedalam adonan agar-agar. Aduk rata biarkan mendidih sekali lagi. Angkat.
  4. Tuang kedalam cetakan agar-agar, dinginkan. 
sumber : NCC

Bongko Mutiara

Bahan:
250 gr   sagu mutiara
100 gr   gula pasir
½ bh     kelapa setengah tua, parut
½ sdt    garam
Daun pisang untuk membungkus
Lidi untuk menyemat.
Cara membuatnya:
  • Rendam sagu mutiara dalam air di wadah baskom hingga mekar empuk, tiriskan.
  • Aduk sagu mekar dengan kelapa parut, gula pasir dan garam.
  • Ambil satu lembar daun pisang, beri adonan sagu mutiara, bungkus tum, semat dengan lidi.
  • Kukus selama 30 menit, hingga matang. Angkat. 
sumber : NCC

Es Buah Hijau

Bahan:
3 bh      kiwi, kupas, iris tipis
½ bh     melon hijau, keruk bulat
300 gr   nata de coco cube, siap beli
1 klng   anggur hijau kalengan, tiriskan
Syrup:
100 gr   gula pasir
500 ml  air
1 ikat    daun mint
Cara membuatnya:
  • Masak semua bahan syrup hingga gula larut dan daun mint layu, angkat, saring. Sisihkan.
  • Taruh semua bahan buah dalam wadah, tuangi syrup. Dinginkan hingga saat disajikan.
sumber : Bu Fatmah-NCC

Es Teler

Bahan:
1 bh      kelapa muda, keruk dagingnya
1 bh      alpukat, keruk dagingnya
10 bj     nangka, iris tipis
15 bj     kolang-kaling manis, iris tipis
500 ml  simpel syrup
5 sdm   susu kental manis
Es serut, secukupnya
Bahan simpel syrup:
400 ml  air kelapa (atau air biasa)
100 gr   gula pasir
Cara membuatnya:
  1. Taruh dalam gelas, kelapa muda, alpukat, nangka dan kolang-kaling. Tuangi sympel syrup dan kucuri susu kental manis.
  2. Sajikan bersama es serut.
sumber : NCC

Quiche Lorraine

Bahan kulit:
350 gr  tepung terigu protein sedang
200 gr  mentega
3 btr     kuning telur
100 ml  air es
Bahan isi:
450 gr  jamur kaleng
100 gr  bayam
100 gr  bawang bombay
125 gr  keju parut
250 gr  sosis, iris tipis
Bahan saus:
1 ltr      susu
10 btr   kuning telur
1 sdt     garam
¼ sdt    lada halus
¼ sdt    pala bubuk
Cara membuatnya:
  1. Aduk tepung terigu, telur dan mentega hingga berbutir-butir, tuangi air es sedikit demi sedikit, uleni, bulatkan. Gilas, cetak dalam cetakan pie.
  2. Saus : aduk semua bahan menjadi satu.
  3. Isi pie dengan bahan isi yang telah diiris halus. Tuangi saus. Oven hingga matang.
sumber : Bu Fatmah-NCC

Es Buah Campur

Bahan:
½ bh    pepaya mengkal, keruk bulat
2 bh     labu siam, kupas, potong dadu
½  bh   melon, keruk bulat
½  bh   nanas, potong dadu
3 sdm   air kapur sirih
1 ltr      air
50 gr    gula pasir
500 ml  air
Syrup:
750 gr  gula pasir
1,5 ltr   air
3 sdm   air jeruk lemon
 Cara membuat:
  • Campur 1 ltr air dan 3 sdm air kapur sirim, tuang pepaya keruk. Rendam selama lk. 30 menit. Tiriskan, cuci dengan air bersih. Tiriskan lagi, sisihkan.
  • Masak 500 ml air dengan 50 gr gula pasir hingga mendidih dan gula larut, tuang labu siam dadu, biarkan 5 menit. Angkat. Tiriskan.
  • Campur semua buah dalam wadah, tuangi syrup. Simpan dalam lemari pendingin hingga saat disajikan.
  • Syrup: - masak gula dan air hingga mendidih dan gula larut. Matikan api, tuangi jeruk lemon, aduk rata. Dinginkan.
sumber : NCC
Monday, 14 September 2009

Pie Buah

Bahan kulit Pie:
250 gr  tepung terigu, serba guna
1/2 sdt  garam
125 gr  mentega
5 sdm   air es
Bahan Vla :
500 cc  susu
100 gr  gula kaster
5 btr     kuning telur
30 gr    tepung maizena
1 sdm   mentega
1 sdt     vanilli extract
Bahan Topping :
  • Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain.
Bahan Siraman:
1 sdt    agar-agar putih
100 cc    air
1 sdt    gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)
Cara membuat :
  • Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung, oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit.
Vla :
  • Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
  • Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.
Penyelesaian:
Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening.

sumber : NCC

Rujak Serut

Bahan:
½ kg    ubi merah
½ kg    mangga muda
½ kg    nanas
½ kg    kedondong
½ kg    bengkuang
½ kg    ketimun
½ kg    gula jawa
3 bh     cabe merah
5 bh     cabe rawit
Cara membuat
kupas semua buah, kecuali mangga muda cukup dicuci saja. Lalu serut menggunakan parutan kasar. Khusus nanas, dipotong dadu. Campur jadi satu dalam wadah.
Haluskan cabe merah, cabe rawit dan gula jawa, campurkan kedalam parutan aneka buah, aduk rata.
Rujak serut segar disajikan dalam keadaan dingin.

sumber : NCC

Wedang Ronde

Bahan ronde:
200 gr        tepung beras ketan
200 ml        air
1 sdt           air kapur sirih
100 gr        enting-enting, haluskan
Pewarna : merah, kuning, hijau
2 ltr            air, untuk merebus ronde.
Cara membuatnya:
  • Masak 2 ltr air, biarkan mendidih.
  • Campur 200 ml air dan air kapur sirih, tuangkan pada tepung beras ketan sedikit demi sedikit sambil uleni hingga bisa dipulung. Bagi tiga, beri warna masing-masing merah, kuning, hijau.
  • Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan sedikit enting-enting, bulatkan seperti bakso.
  • Masukkan dalam air mendidih, biarkan mengapung angkat. Taruh dalam kuah jahe.
  • Lakukan hingga semua adonan habis.
Kuah Jahe:
1 ltr            air
200 gr        gula pasir
7 lbr           daun jeruk purut
100 gr        jahe emprit, pukul-pukul
1 btg          kayu manis
Cara membuat:
Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Biarkan lk. 10 menit mendidih spy aroma jahe dan kayu manis keluar. Angkat, dinginkan.

sumber : NCC

Sweet Potato Balls

Bahan:
500 gr   ubi merah, kukus, haluskan
2 sdm   gula halus
3 sdm   tepung sagu
½ ltr      minyak goreng

Cara membuatnya:
  1. Campur ubi halus, gula halus dan tepung sagu, aduk rata. Buat bulatan sebesar bola bekel.
  2. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng bola ubi hingga kuning kecoklatan. Angkat. Sajikan.
  3. Taburi gula halus dan kayu manis bubuk untuk penampilan dan rasa yang lebih kaya.

Biji Salak

Bahan:
500 gr    ubi merah, kukus, haluskan
3 sdm     tepung sagu
500 gr    gula jawa
1 ltr        air
500 ml    santan kental
½ sdt      garam
1 lbr       daun pandan.
Cara membuatnya:
  • Tuang tepung sagu kedalam ubi halus, uleni hingga rata, buat bulatan.
  • Sementara itu masak gula jawa dan air hingga mendidih dan gula larut, saring, didihkan kembali.
  • Masukkan bulatan adonan ubi kedalam kuah gula mendidih, biarkan hingga mengapung. Matikan api.
  • Masak santan, garam dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih, angkat.
  • Sajikan biji salah bersama kuah santan.
sumber : NCC

Puding Karamel

Bahan :
5 btr     telur
125gr   gula pasir
2 sdm   maizena (optional)
500ml   susu segar
¼ sdt    vanilli
Karamel :
175 gr  gula pasir
1 sdt     air jeruk nipis
2 sdm   air
Cara Membuat :
  • Karamel : jerangkan gula diatas api hingga cair dan kecoklatan, tambahkan air dan air jeruk nipis, angkat dari api. Tuang kedalam cetakan. Dinginkan.
  • Campur semua bahan lain, aduk hingga larut, lalu saring kedalam cetakan yg sudah berisi caramel tadi.
  • Kukus hingga matang. Lk. 30 menit.
  • Angkat, dinginkan. Sajikan.
sumber : NCC
 

Blog Template by BloggerCandy.com