Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Sangat cocok untuk sajian :

Hantaran seserahan,

Hantaran nikah,

Anniversary,

Arisan,

Reuni / Gathering,

Lamaran atau tunangan,

Hajatan-syukuran-selamatan,

Parcel atau bingkisan menjelang hari raya :

Lebaran Natal - Tahun baru Imlek- dll,

Bingkisan untuk relasi kerabat - rekan bisnis,

Surprise untuk bos,

Acara kantor ,bahkan

Acara ulang tahun bersama keluarga dan orang orang tersayang dirumah.

Tuesday, 29 September 2009

Tart Susu / Eggtart

Ukuran porsi: 20 potong

Bahan-bahan
Lapisan bawah:
  • 10 butir kuning telur
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili ekstrak
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 375 cc susu kental manis
Lapisan atas:
  • 10 butir putih telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh cream of tartar
  • 1 sendok makan kismis
cara membuat:

Lapisan bawah: kocok kuning telur, gula, 1/2 resep garam, dan vanili hingga putih, lalu campurkan susu kental manis dan tepung terigu, aduk rata.

Tuang pada loyang (20 cm x 20 cm) yang telah diolesi dengan margarin, lalu panggang dalam oven (180 derajat Celsius, 25 menit) sampai kental dan hampir matang.

Lapisan atas: kocok putih telur, gula, 1/2 resep garam, dan cream of tartar sampai naik, kaku, dan berwarna putih.

Tuangkan ke atas adonan lapisan bawah yang masih setengah matang, taburi dengan kismis, lalu panggang lagi sampai seluruhnya matang dan kecoklatan.

sumber: unknown

Pudding Coklat

Bahan :
1 Bungkus agar-agar bubuk (warna putih atau coklat)
20 gr coklat bubuk
1 kaleng susu kental manis coklat
750 ml air
¼ sdt garam

Bahan Saus:
250 ml susu cair
1½ sdm tepung maizena
1 kuning telur
50 gr gula pasir
1 sdm rhum, jika suka

Cara membuat:
1. Aduk susu kental manis dan air.
2. Tambahkan agar, coklat bubuk, dan garam. Aduk sampai coklat
larut. Rebus sambil diaduk sampai mendidih. Angkat. Tuang ke dalam
cetakan lalu dinginkan.
3. Saus : aduk semua bahan saus kecuali kuning telur lalu masak
sambil diaduk sampai meletup-letup.
4. Ambil 1 sendok sayur adonan saus, tuang ke kuning telur sambil
diaduk. Masukkan campuran telur tadi ke dalam rebusan saus sambil
diaduk hingga meletup-letup. Angkat dan dinginkan.
5. Setelah saus dingin, masukkan rhum (jika suka). Aduk.
6. Sajikan puding coklat dengan siraman saus susu.

sumber: -yani-letsmakecookie.blogspot.com
Monday, 28 September 2009

Brownies Kukus Cheese Drop


Bahan A:
20 btr kuning telur
7 btr putih telur
450 gr gula pasir
1 sdt garam
20 gr emulsifier
1 sdm rhum bakar (optional)
300 gr terigu
20 gr maizena

100 gr coklat bubuk

Bahan B:
250 gr white cooking chocolate, lelehkan
300 gr cheese cream, kocok
2 btr telur utuh
120 gr terigu
100 gr cheese spread

Bahan C:
350 gr mentega
200 gr milk cooking chocolate/potong kecil2
1 sdm coklat pasta BF

Cara membuat:
1. Kocok bahan A sampai putih dan mengembang
2. Cairkan bahan (C ) mentega, siram kedalam coklat yang telah
dipotong2 aduk sampai coklat cair semua, tambahkan coklat pasta.
3. tuang mentega dan coklat leleh tadi ke adonan kocokan telur, aduk
rata, tambahkan coklat bubuk yang telah diayak sebelumnya.
4. Bagi adonan menjadi 3
5. Aduk bahan B hingga tercampur rata, sisihkan.
6. Tuang 1 bagian adonan coklat kedalam loyang, 30x30x10cm, beri adonan
chees secara acak dengan sendok makan atau semprot menggunakan piping
bag, kukuskurang lebih 20 menit.
7. Tuang lagi diatasnya, 1 bagian adonan, lakukan spt yg pertama hingga
lapisan ketiga, kukus lagi selama 20 menit.

sumber: Odilia Winneke
Saturday, 26 September 2009

Lumpia Basah

Original recipe by Hanna Keluarga Cinta
Modified by Shirley Dapur Solia

Bahan Kulit:

220 gram Tepung terigu protein rendah
120 gram Tepung beras
200 gram Telur utuh (kurang lebih 4 butir, memanfaatkan sisa stok putih telur juga bisa)
700 ml Air
150 ml Minyak goreng
1 sdt Garam
1 sdt Kaldu ayam bubuk

Bahan Isi:

1 kg Rebung, rajang halus / cincang kasar, rebus dengan tawas, bilas, rebus dengan air bersih 2 kali sampai bau pesingnya hilang, tiriskan
5 buah Bawang putih, cincang
3 buah Telur ayam utuh, beri garam sedikit, jadikan scrambled egg
100 gram Dada ayam, rebus, cincang halus
200 gram Udang utuh, bersihkan, potong tiap ekor menjadi 2-3 bagian
25-30 gram Ebi, rendam dengan air panas, ules halus
4 sdm Kecap manis
2 sdt Garam (atau sesuai selera)
2 sdm Gula pasir (atas sesuai selera)
1 sdt Merica (atau sesuai selera)
1-2 sdm Saos tiram
4 sdm Minyak goreng
Air sedikit

Bahan Saos:

* Versi I menggunakan gula merah cair saja


Gula merah
Air
Bawang putih cincang
Garam
Maizena

* Versi II menggunakan tauco

1 sdm Minyak goreng
5 siung Bawang putih, haluskan
10 sdm Tauco manis, haluskan
2 sdm Saos tomat
2 sdt Gula pasir
1/2 sdt Merica bubuk
1/2 sdt Garam
250 ml Air
2 sdm Maizena, larutkan dengan 4 sdm air

Lain-lain:
Lombok rawit
Bawang daun yang kecil batangnya, bersihkan


Cara Membuat:
Kulit:
1) Campur terigu, tepung beras dan telur hingga agak rata. Masukkan air, garam, kaldu bubuk, minyak goreng, aduk sampai tercampur dan halus. Saring jika ada grindilan yang tidak diinginkan.
2) Panaskan wajan dadar teflon ukuran 20cm, masukkan 1 sendok sayur adonan, buat menjadi dadar yang tipis.

Isi:
3) Tumis bawang putih dan merica dengan sedikit minyak hingga harum.
4) Masukkan ebi, udang dan ayam cincang, masak hingga berubah warna.
5) Masukkan rebung.
6) Bumbui dengan kecap, garam, gula. Masukkan air (sedikit saja, ± 1/2 cup, supaya tidak gosong dan lengket ke wajan dan membantu bumbu meresap).
7) Masukkan scrambled egg
8) Tambahkan saos tiram (sengaja saos tiram dimasukkan belakangan karena jika kena minyak goreng terlalu lama akan ada aroma sangit)
9) Aduk rata, tutupi dengan tutup wajan / panci, biarkan. Sesekali buka tutupnya dan aduk2. Tes cicip. Biarkan sampai air habis dan bumbunya meresap, matikan kompor.
10) Dinginkan sebelum dipakai (jika dipakaikan dalam keadaan panas, kulit lumpia akan pecah/ robek)

Saos:
Versi I:
11) Hancurkan gula merah, beri sedikit air hingga gula mencair. Saring.
12) Jerang lagi gula merah cair, masukkan cincangan bawang putih, bubuhi garam sampai asinnya pas sesuai selera
13) Kentalkan dengan maizena.

Versi II:
- Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, masukkan tauco, saos tomat, gula pasir, merica, garam sampai mendidih. Masukkan larutan maizena, aduk hingga mengental

Penyelesaian:
14) Masukkan 2-3 sdm adonan isi, lipat kulit lumpia seperti amplop (dari pengalaman, paling bagus lipat sisi kiri dan kanannya, lalu gulung)
15) Hidangkan dengan cabe rawit, saos coklat dan bawang daun yang sudah dibersihkan
16) Jika memungkinkan, simpan sisa lumpia yang belum dimakan di wadah yang agak berhawa supaya tidak keringatan (misal di besek)

Catatan (revised on 8 Jul 2009):
Satu kilo rebung bisa menghasilkan 25-28 buah lumpia ukuran besar (adonan isi = 2 sdm munjung), atau 35 buah lumpia ukuran mini. Jika akan dijual, timbang adonan isi terlebih dahulu untuk menentukan berapa berat adonan isi yang diinginkan. Jika kurang dari kebutuhan, tambahkan scrambled egg.

sumber: resepkeluargacinta.blogspot.com

Empal Daging / Gepuk

By: Lia, Dapurgue
Bahan:
500 gr daging bagian paha
1 sdm gula merah
1.5-2 sdt garam

1 liter air
500-750ml santan (sedang ato kental terserah)
Rempah:
5 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
2 batang sereh, geprak
4 cm lengkuas, geprak
3 sdt ketumbar bubuk

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
4 cm kunyit
2 cm lengkuas

Cara:




Rebus daging dengan air hingga setengah empuk. Tiriskan daging dan iris2 searah serat, sisihkan kaldu untuk keperluan lain. Satukan daging, santan, garam, gula, rempah2 dan bumbu halus di wajan, ungkep tertutup rapat dengan api kecil hingga empuk banget dan bumbu hampir mengering. Angkat potongan daging, kalo perlu memarkan pake ulegan *tanpa dimemarkan sebenernya udah rada babak belur sih* Panaskan sedikit minyak di wajan datar, ratakan. Goreng empal sekitar 2 menit setiap sisi atau sampai kecoklatan. Sajikan dengan sayuran.
Note:
Gunakan air kelapa untuk memeras santan agar warna coklatnya lebih cantik, kurangi gula secukupnya.
Wednesday, 23 September 2009

TBK Sinar Himalaya, dimanakah kau ?

'cuapeekk' itulah komentar yang bisa aku kasih untuk hari ini. Pergi dari jam 11.00 siang setelah menjemput anakku pulang dari sekolahnya dan langsung pergi ke daerah Kota-Jakarta Pusat untuk mencari TBK Sinar Himalaya daann..ga ketemu lagi. Hebatt !! *plok plok plok*

Yang ada hanya tertinggal capek, laper dan pusing banget. Tau sendiri kan lagi puasa gini, hihi...siapa suruh nyari sekarang. Udah gitu anakku ikut serta juga dalam 'pencarian' TBK ini. wuiihh lumayan badan pada retak-retak nih :D . Karena ditengah pencarian, Baby minta gendong. Memang sih Baby ga bilang ke mamanya tapi namanya juga naluri seorang ibu.
Masa sih aku biarkan anakku kecapekan dan kepanasan juga penuh debu berjalan sempoyongan ?! Ga mungkin ya kan ?! Yaa akhirnya aku gendong juga, lumayan bikin punggung agak 'bengkok' hihihi....

nyari san sini....ada sih gang yang disitu terdapat ruko ruko yang menjual bahan kue tapi ga lengkap dan hanya menjual spesifik bahan makanan. mm...kayaknya bukan dehhh.....:( ....jalan laggiiiii.....

Terus menyusuri jalan di gang itu ternyata ga ada yang namanya TBK Sinar Himalaya. Ada juga Sinar Baru dan sinar apalagi dehhh. Udah keliling keliling...ahh nyerah lah. Lainkali lagi deh aku kesini.
Atau jangan-jangan alamat yang aku catat salah....

Ya udah ga apa-apa , namanya usaha. Tapi akhirnya aku nemuin beberapa toko bahan makanan dan kue yang terpencil.........malah ada agen kurma dari berbagai daerah di Timur Tengah lohhh.......:D

Lumayan buat 'kelilling' hari ini........
tetap semangat !!!!
Thursday, 17 September 2009

Roll Cake Dasar

Ingredients:
10 btr Kuning Telur
5 btr Putih telur
110 gr gula pasir
100 gr terigu (bisa diganti 85 gr terigu 15 gr maizena)
25 gr susu bubuk
130 gr margarine
1 sdt Emulsifier (optional)

Directions:
- Kocok Telur dan gula (dan emulsifier jika di gunakan) hingga mengental putih dan berjejak
- Campurkan tepung dan susu bubuk yang telah di ayak, aduk dengan spatula
- campurkan margarine yang sudah dicairkan, aduk hingga rata
- Tuang pada loyang 30X30
- Oven dengan suhu 180-200 derajat selama 10-12 menit



sumber: elkaje

Tahu Telur

Bahan2nya:
Tahu putih yang segar
Telur ayam
Lontong

Bumbu kacang:
Kacang Tanah goreng
Cabe rawit
Gula merah
Petis Udang/Petis manis
Bawang putih goreng
Bawang merah goreng untuk taburan
Daun sledri untuk taburan
Air putih masak
Krupuk gado2
Cara membuat:
Potong2 tahu berbentuk dadu lalu masukkan dalam wajan dengan sedikit minyak.
Goreng tahu setengah matang. Kocok telur beri sedikit garam dan merica bubuk.
Lalu tuangkan kocokan telur diatas tahu yang mulai setengah matang, dimulai dari pinggir minyak memutar mengitari tahu.
Sisa telur putar2 diatas tahu agar supaya semua tahu terkena telur dan tidak pecah.
Balik pelan2 omelet tahu telur ini. Usahakan telur benar2 masak, dengan mempergunakan api kecil.

Bumbu:
Haluskan cabe, kacang tanah dan bawang putih goreng.
Setelah itu masukkan petis udang dan gula merah. Beri sedikit air matang.
Haluskan sampai petis merata tercampur dengan kacang tanah.
Letakkan beberapa potong lontong dalam piring. Letakkan Tahu Telor diatas lontong.
Tuang bumbu kacang di atas Tahu Telor. Taburi dengan bawang merah goreng dan irisan sledri.
Terakhir krupuk gado2nya.

Tahu Telor di Malang memakai bumbu petis karena berdekatan dengan kota petis Sidoarjo. Ada juga Tahu Telor yang tidak mempergunakan petis dalam bumbu kacangnya.
Membuat Tahu Telor
Bumbu yang dipakai adalah bumbu kacang dadakan atau diulek saat itu juga seperti membuat rujak cingur atau gado2 di Bandung bumbunya juga dibuat dadakan.

sumber: Unknown

Omelet Spanyol

Bahan:
75 gr bawang bombai (cincang)
3 lembar beef bacon(bisa di ganti,daging asap atau kornet)
300 gr kentang,(rebus dan potong potong 1x1 cm)
50 gr paprika hijau (potong potong kotak kecil)1x1 cm
2 buah tomat (buang bijinya potong potong kotak kecil) 1x1 cm
2 btg saledri (ambil daunnya,iris halus)
1 sdm margarin
4 btr telur,kocok
1/4 sdt merica
1/2 sdt garam

Cara membuat:
  1. Panaskan margarin tumis bawang bombai,hingga layu.
  2. Masukkan beef bacon (daging asap atau kornet),kentang, paprika dan tomat.
  3. Aduk hingga rata,angkat, masukkan saledri yg di iris halus,aduk hingga rata.Angkat, sisihkan
  4. Kocok telur dgn merica dan garam hingga rata,lalu dadar di atas wajan yg sdh di olesi margarin.
  5. Ratakan tumisan no 1 dan 2 di atas dadar,Tutup wajan..
  6. Masak hingga ke 2 sisinya matang..
dikutip dari: milis dapurbunda-Nie 273
Note:
Gunakan api yg kecil spy dadar matang merata
Ciri khas omlet spanyol hanya menggunakan kentang kukus,Dan memasaknya tdk di balik.
Biasanya jk saya membuat,saya taburi keju leleh.
resep by buku Primarasa

Nasi Goreng Kencur

Bahan:
300 gr fillet ayam (ayam goreng sisa di suir suir)
3 sdm minyak goreng
2 sdm kecap manis (bisa di tambah atau di kurang sesuai selera
2 buah cabe merah,buang bijinya.Iris iris.
750 gr nasi
Bawang goreng
telur dadar iris atau mata sapi

Bumbu:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
50 gr kencur kupas
1 1/2 sdt garam (bisa di tambah sesuai selera)

cara membuat:
Iris tipis fillet ayam.potong kecil kecil sisihkan
Panaskan minyak goreng,tumis bumbu hingga matang dan harum.
Masukkan ayam aduk sampai berubah warna,tuang kecap,aduk hingga tercampur rata.
Masukkan nasi aduk hingga nasi tercampur merata dan seluruh bahan matang.
Angkat,sajikan nasi goreng dgn taburan bawang goreng,telur dadar iris atau mata sapi

sumber: milis dapurbunda-Nie 273

Ayam Taliwang

Bahan:
1 ekor ayam buras
100 ml minyak sayur
1 buah jeruk limau, ambil airnya

Bumbu, haluskan:
14 buah cabai merah kering
12 butir bawang merah
8 siung bawang putih
100 g tomat merah
2 sdt terasi goreng
5 cm kencur
25 g gula Jawa
2 sdt garam

Cara membuat:


Belah ayam dari bagian tengah dadanya hingga ke arah leher. Balikkan ayam dan tekan hingga terbuka.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Angkat.
Perciki air jeruk limau, aduk rata.
Lumuri ayam dengan bumbu hingga rata.
Taruh di atas loyang datar, panggang dalam oven panas 180 C selama 1 jam hingga matang. Balik-balik dan olesi bumbu sekali-sekali. Angkat.
Panggang ayam di atas bara api arang hingga agak kering.
Angkat. Sajikan hangat dengan sisa bumbunya.
Untuk 6 orang
sumber: milis detikfood

Nasi Goreng Kuning

BAHAN:
750 gr nasi putih dingin
100 gr teri medan goreng matang
3 sdm minyak goreng
emping goreng untuk menyajikan

HALUSKAN:
5 cm kunyit
6 bh bawang merah
8 cm kencur
2 sdt garam

CARA MEMBUAT:
1. Tumis bumbu halus sampai matang.
2. Masukkan nasi sambil diaduk hingga matang..
3. Angkat lalu sajikan dengan taburan teri medan goreng dan emping goreng.

Untuk 6 orang.
sumber: Sheila Samantha

Tagliatelle Bayam (Mie ala Barat)

bahan:
200 gr terigu protein tinggi (cakra kembar)
1 btr telur ukuran besar
1 ikat bayam ( 50-75 gram kayaknya)
1/2 sdt garam

caranya:

1. cuci bersih bayamnya dan rebus.
2. Peras bayamnya dan hancurkan dengan food prosessor. ( kalo gak ada FP, saya suka blender ajah bayemnya dengan telurnya :d)
3. Masukan terigu kedalam wadah, buat lubang seperti sumur di tengah2 terigu dan masukan campuran bayam plus telur tadi.
4 uleni sampai kalis. awalnya akan terasa keras jangan di tambah cairan apapun.
5. Tutup dengan tutup panci atau baskom. Diamkan selama 15 menit.
6. gilas adonan sampai pipih menggunakan gilingan pasta atau tongkat penggilas.
7. Tebalnya ( klo versi NHK 2 mm , tapi percayalah ini ketebelan buat bayi mah) saya giling lagi kira2 1 mm-0.5 mm.
8. potong2 menggunakan gilingan mie yang paling halus atau potong2 dengan pisau dengan lebar 0,5 mm
9. rebus pasta dengan mencapurkan garam dan margarin  kedalam air rebusannya.
10. angkat bila dirasa tingkat keempukannya sudah cukup bisa dikunyah oleh anak kita.

sumber: Ranny WS
Wednesday, 16 September 2009

Mie Ayam sederhana ala Dapur Nera



Ini mie ayam udah dibuat beberapa hari yg lalu dan difoto pada hari itu juga tapi baru diposting sekarang. Maklum deh abis baru sempat.....biasaa.. sok seksi sibuk hihihi....
Mie ayamnya aku beli yang sudah jadi abis kalo mau bikin selain repot, bahannya ga lengkap dirumah. Jadi aku tinggal bikin topping nya aja.

Ini termasuk mie ayam sederhana kok....jadi bumbu dan bahannya ga gitu wah dengan variasi isi.
silahkan di contek :)

bahan:
3 porsi mie ayam mentah
200 gr jamur merang segar, dipotong-potong.
300 gr daging ayam potong-potong/cincang kasar.
2 bh bwg putih, cincang.
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
sedikit bumbu kaldu (kalo suka)
1/2 sdt lada
minyak goreng
kecap asin secukupnya

pelengkap:
cincangan daun bwg dan seledri
tong cai manis cincang kasar
bwg goreng

cara membuat:
  1. tumis bwg putih lalu masukan ayam, aduk hingga 1/2 matang lalu masukan jamur dan bumbu lainnya seperti garam, saus tiram, lada, gula dan sedikit kecap asin.
  2. lalu aduk hingga matang. Beri air secukupnya kalo mau agak berkuah.
  3. siapkan mie dengan cara merebusnya. Lalu tiriskan dan taburi dengan daun bawang, bawang goreng, tong cai dan topping ayam jamur tadi. sajikan.

Butter Cheese Cake

Bahan A:
200 gram Mentega 1 (Orchid unsalted)
25 gram Mentega 2 (Orchid unsalted)
75 ml Susu cair (Ultra plain)
75 gram Keju cheddar, parut
½ sdt Kulit jeruk parut
175 gram Gula pasir (jika bisa gunakan gula kastor yang berbutir kecil-kecil)
5 butir Kuning telur

Bahan B:

225 gram Tepung terigu protein sedang atau all purpose flour
1½ sdt Baking powder
¼ sdt Garam

Bahan C:
5 butir Putih telur
1 sdt Air jeruk (lemon atau nipis)

Cara Membuat:
1. Siapkan 6 loyang chiffon mini, poles dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu hingga rata.
2. Campur susu cair, keju parut dan mentega 2 dalam panci / mangkuk stainless kecil lalu tim hingga larut menjadi cairan keju yang homogen
3. Panaskan oven hingga suhu 180 °C.
4. Kocok mentega 1 dan cheese cream hingga mengembang dan pucat. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok. Masukkan kuning telur dan kulit jeruk sambil tetap dikocok hingga rata. Matikan mixer.
5. Ayak Bahan B ke dalam adonan mentega, aduk balik hingga rata. Sisihkan.
6. Di wadah terpisah, kocok bahan C hingga kaku, lalu secara bertahap campurkan dengan adonan gula-mentega. Aduk hingga rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama 30-40 menit (hingga matang dan lulus tes tusuk).

sumber: NCC

Laksa Jakarta (Jakarta's Traditional Soup)

Bahan:
1ltr       santan cair
½ ekr   ayam, potong 4
250ml   santan kental

Bumbu:
2 bt      sereh, memarkan
2 lbr     daun salam
2 lbr     daun jeruk

bumbu halus:
8 bh     bawang merah
4 bh     bawang putih
1sdm    ketumbar
1 pt      kunyit
1 pt      jahe
1 pt      lengkuas
2 bh     cabe merah
6 btr     kemiri
½ sdt    gula jawa
½ sdm  garam

pelengkap:
150 gr  bihun, rendam, tiriskan potong-potong
2 btr     telur rebus
2 ikat    daun kemangi, ambil daunnya
1 sdm   bawang goreng
2 bh     jeruk nipis, iris tipis.

Cara membuat:
  1. Tumis bumbu dengan 3 sdm minyak goreng hingga harum
  2. Masukkan santan cair, masak hingga mendidih
  3. Masukkan ayam, masak hingga matang, angkat. Suwir-suwir
  4. Tuang santan kental kedalam rebusan santan cair masak sambil diaduk hingga mendidih.
  5. Cara menyajikan: tempatkan bihun dalam mangkuk, beri suwiran daging ayam, irisan telur, dan daun kemangi. Tuangi kuah laksa, taburi bawang goreng. Sajikan dengan ditemani irisan jeruk nipis.
sumber : NCC

Blueberry Streusel Scones

source : joyofbaking.com

Ingredients :
2 cups (260 grams) all-purpose flour
1/4 cup (50 grams) granulated white sugar
2 teaspoons (10 grams) baking powder
1/8 teaspoon salt
6 tablespoons (85 grams) chilled, unsalted butter, cut into pieces
1 cup (150 grams) fresh blueberries
1 large egg, lightly beaten
1 teaspoon (5 grams) pure vanilla extract
1/2 cup (120 ml) milk or cream

Brushing tops of scones:
Milk or Cream

Streusel Topping:
1/4 cup (55 grams) brown sugar
1/4 cup (35 grams) all purpose flour
1/2 teaspoon ground cinnamon
2 tablespoons (30 grams) chilled unsalted butter, cut into pieces

Directions :
Preheat oven to 400 degrees F (205 degrees C) and place rack in middle of oven. Line a cookie sheet with parchment paper.

For the Scones: In a large bowl, whisk together the flour, sugar, baking powder and salt. Cut the butter into small pieces and blend into the flour mixture with a pastry blender or two knives. The mixture should look like coarse crumbs. Gently fold in the blueberries. In a small measuring cup combine the cream, beaten egg and vanilla. Add this mixture to the flour mixture and stir just until the dough comes together. Do not over mix the dough or the scones will be tough.

Transfer the dough to a lightly floured surface and knead the dough gently four or five times and then pat the dough into a circle that is about 7 inches (18 cm) round and about 11/2 inches (4 cm) thick. Cut this circle in half, then cut each half into four pie-shaped wedges (triangles). Place the scones on the baking sheet. Brush the tops of the scones with a little cream or milk.

For the Streusel Topping: In a small bowl whisk together the sugar, flour, and cinnamon. With a pastry blender or two knives, cut in the butter until crumbly. Top each scone with a teaspoon or two of the streusel mixture. Cover and refrigerate any leftover streusel mixture.

Bake the scones until nicely browned, about 18 - 22 minutes or until a toothpick inserted in the center of a scone comes out clean. Transfer to a wire rack to cool slightly. These are best eaten the day they are made but can be covered and stored for a few days.

Makes 8 scones
Tuesday, 15 September 2009

Dadar Gulung

Bahan :
250 gr tepung terigu /boleh campuran dari 200 terigu + 50 gr maizena/tapioka
3 butir telur
400 cc santan /susu
50 cc air daun suji + pandan, bisa diganti beberapa pewarna hijau
1/2 sdt garam
Isi :
1/2 butir kelapa parut
150 gr gula merah disisir
2 lb daun pandan
1/4 sdt garam
50 ml air
Cara membuat :
Kulit dadar :
1. Campur terigu dan garam, buat lubang ditengahnya.
2. kocok lepas telur, tuang ditengah lubang tepung tadi, aduk sambil ditambahkan santan sedikit demi sedikit hingga semua tepung tercampur rata dan halus.
3. panaskan wajan dadar, olesi sedikit dengan minyak/margarine. Tuang adonan, ratakan hingga menjadi adonan dadar yang tipis, angkat
4. Isi setiap dadar dengan bahan isi, lipat sisi bawah, kanan dan kiri, kemudian gulung.

Isi :
Campur semua bahan, aduk sampai tercampur rata dan masak hingga matang dan tidak berair.
Pewarna daun suji :
30 lb daun suji, 10 lb daun pandan, 50 ml air.
Potong2 kecil daun pandan dan suji, tumbuk hingga halus, tambahkan air dan saring atau semua di blender kemudian disaring.
Kalau mau diganti dengan pewarna, jumlah airnya bisa ditambahkan ke dalam adonan dadar.
Untuk mendapatkan hasil dadar yang mulus dan tidak sobek/lengket, pastikan wajan cukup panas, dan masak dengan api sedang atau panas secukupnya hingga benar2 matang.

Resep Muffin Peri

Bahan:
300 g Tepung
2 sdt Pengembang kue
150 g Gula pasir
1 buah Jeruk melon (aku pakai jeruk nipis)
50 g Mentega
225 ml Susu
1 btr Telur
100 g Selai Strawberry (gak pakai)

Hiasan:
175 g Gula tepung
2 sdm air perasan lemon (pakai air jeruk nipis)

Cara membuat:
1. Ayak tepung dan pengembang, tambahkan gula pasir, aduk rata
2. Parut kulit lemon. Sisihkan air perasannya
3. Masukkan mentega, kulit lemon dan 4sdm susu ke dalam panci, panaskan hingga mentega mencair. Tambahkan sisa susu.
4. Masukkan telur ke dalam ayakan tepung, aduk.
5. Masukkan larutan susu, aduk rata
6. Tuang ke dalam loyang muffin yg telah dioles minyak, hingga hampir penuh.
7. Panggang 15 menit hingga matang. Diamkan 3 menit dan keluarkan dari loyang. Dinginkan.
8. Belah dua dan oles dengan selai.
9. Ayak gula tepung dan campur dengan perasan lemon, tuang di atas muffin. Hias.


Abis bikin muffin, sekalian bikin Krim Dingin Strawberry...

Gak ada yg susah kali ini...paling2 Nixie ngancurin buah strawberry-nya gak kuat, jd masih rada kasar aja.
Berikut resepnya:

Bahan:
150 g Strawberry
4 sdm Gula tepung
4 sdm Yogurt kental (gak pakai)
150 ml Krim kocok kental (aku pakai 150g)
25 g Kue gula, hancurkan (meringue yg dibikin minggu kemarin)

[]
Cara membuat:
1. Lumatkan strawberry dengan garpu
2. Campur strawberry, gula tepung dan yogurt, aduk rata. Sisihkan.
3. Kocok krim hingga kental.
4. Masukkan campuran strawberry ke dalam mangkuk krim, aduk rata.
5. Masukkan kue gula, aduk rata.
6. Masukkan lemari es selama 2 jam atau hingga krim mengeras.
7. Sajikan.

by monica sutanto

Nasi Pandan

Bahan:
500 gr   beras putih
100 ml  santan kental
500 ml  air
1 sdm   garam
15 lbr    daun pandan
Cara membuatnya:
  1. Potong-potong daun pandan, blender bersama saparuh bagian air, saring peras. Campur air pandan bersama santan, dan sisa air hingga jumlah total menjadi 600ml.
  2. Kukus beras hingga panas, sambil masak campuran air pandan hingga mendidih. Matikan api.
  3. Campur beras panas dengan air pandan panas, aduk rata dan biarkan semua air terserap habis.
  4. Kukus kembali beras selama 20 menit. Angkat. Sajikan.
sumber : NCC

Parmesan Cheese Stick

Bahan:
300 gr      tepung terigu
200 gr      tepung sagu
1 sdt        garam
4 btr        telur
30 gr        mentega
100 gr      keju parmesan, parut
 
Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah campur tepung terigu, tepung sagu dan garam halus, aduk rata. Buat cekungan ditengahnya.
  2. Masukkan telur, aduk rata, beri keju parmesan, aduk dan uleni sampai bergumpal, tambahkan mentega, uleni terus hingga kalis.
  3. Tipiskan adonan dengan bantuan mesin giling mie, secara bertahap hingga paling tipis. Taburi tepung sagu, teruskan menggiling dengan pisau mie lebar.
  4. Panaskan minyak jumlah banyak, goreng chees stick hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Kemas dalam wadah rapat.
sumber : NCC

Es Kelapa Jeruk

Bahan:
2 bh      kelapa muda
5 bh      jeruk peras (jeruk siam)
1 ltr       air matang / air kelapa
300 gr   gula pasir
2 lbr      daun pandan

Cara membuatnya:
  1. Keruk daging buah kelapa muda, seduh dengan air panas, tiriskan. Tampung air kelapa secara terpisah.
  2. Syrup gula : masak air kelapa, gula pasir, dan daun pandan hingga gula larut. Dinginkan.
    Peras jeruk siam, ambil air jeruknya, sisihkan.
  3. Dalam wadah, satukan daging kelapa muda, air jeruk dan syrup gula, aduk rata.
  4. Tambahkan Es batu atau simpan dalam kulkas hingga saat disajikan.
sumber : NCC

Bubur Sum Sum Hijau

Bahan Bubur:
50 gr     tepung beras putih
200 ml   air daun pandan dan suji
300 ml   santan kental
½  sdt   garam

Bahan Kinca:
250 gr   gula jawa
100 ml   air
1 lbr      daun pandan

Cara membuatnya:
  1. Campur air suji dengan santan aduk rata. Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
  2. Masak sisa santan dan garam hingga mendidih, tuang cairan tepung beras, aduk rata biarkan mendidih dan bubur meletup-letup sebentar. Matikan api, angkat.
  3. Sajikan bubur dengan kinca gula jawa.
  4. Kinca: masak air, gula jawa dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Saring.
  sumber : NCC

Semar Mendem Isi Abon

Bahan:
500 gr   beras ketan
600 ml  santan
1 sdt     garam
2 lbr      daun salam
Abon sapi secukupnya

Bahan dadar:
250 gr   tepung terigu
3 btr      telur
500 ml  santan
½ sdt    garam

Cara membuat:
  1. Cuci beras ketan hingga bersih, kukus sampai panas kepul-kepul. Sementara itu masak santan, garam, dan daun salam hingga mendidih. Matikan api. Masukkan ketan panas kedalam santan, aduk hingga terendam. Diamkan sampai santan terserap habis dan beras ketan menjadi aron. Kukus lagi 20 menit. Angkat.
  2. Ambil 2 sdm ketan, pipihkan, beri 1 sdt abon, lalu bulatkan dan kepal-kepal padat, dan bentuk lonjong. Lakukan untuk semua ketan
  3. Dadar : taruh dalam wadah, tepung terigu, garam dan telur, aduk rata sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis. Buat dadar tipis-tipis.
  4. Penyelesaian: ambil satu lembar dadar, letakkan ketan kepal ditengahnya, lipat seperti amplop. 
sumber : NCC

Pudding Coklat Saos Tiramisu

Bahan:
2 bks   agar-agar putih
450 gr gula pasir
1,5 ltr   susu segar
50 gr   coklat bubuk
4 btr    kuning telur

Bahan Vla:
Lihat resep Tiramisu

Cara membuatnya:
  1. Cairkan coklat bubuk dengan sedikit air panas, aduk rata, sisihkan.
  2. Kocok asal kuning telur dengan garpu, sisihkan
  3. Masak susu, gula pasir dan agar-agar hingga mendidih, tuangi coklat bubuk yg sudah cair, aduk rata. Ambil sedikit adonan agar-agar, tuang kedalam kuning telur aduk rata, tuang kuning telur campur ini kedalam adonan agar-agar. Aduk rata biarkan mendidih sekali lagi. Angkat.
  4. Tuang kedalam cetakan agar-agar, dinginkan. 
sumber : NCC

Bongko Mutiara

Bahan:
250 gr   sagu mutiara
100 gr   gula pasir
½ bh     kelapa setengah tua, parut
½ sdt    garam
Daun pisang untuk membungkus
Lidi untuk menyemat.
Cara membuatnya:
  • Rendam sagu mutiara dalam air di wadah baskom hingga mekar empuk, tiriskan.
  • Aduk sagu mekar dengan kelapa parut, gula pasir dan garam.
  • Ambil satu lembar daun pisang, beri adonan sagu mutiara, bungkus tum, semat dengan lidi.
  • Kukus selama 30 menit, hingga matang. Angkat. 
sumber : NCC

Es Buah Hijau

Bahan:
3 bh      kiwi, kupas, iris tipis
½ bh     melon hijau, keruk bulat
300 gr   nata de coco cube, siap beli
1 klng   anggur hijau kalengan, tiriskan
Syrup:
100 gr   gula pasir
500 ml  air
1 ikat    daun mint
Cara membuatnya:
  • Masak semua bahan syrup hingga gula larut dan daun mint layu, angkat, saring. Sisihkan.
  • Taruh semua bahan buah dalam wadah, tuangi syrup. Dinginkan hingga saat disajikan.
sumber : Bu Fatmah-NCC

Es Teler

Bahan:
1 bh      kelapa muda, keruk dagingnya
1 bh      alpukat, keruk dagingnya
10 bj     nangka, iris tipis
15 bj     kolang-kaling manis, iris tipis
500 ml  simpel syrup
5 sdm   susu kental manis
Es serut, secukupnya
Bahan simpel syrup:
400 ml  air kelapa (atau air biasa)
100 gr   gula pasir
Cara membuatnya:
  1. Taruh dalam gelas, kelapa muda, alpukat, nangka dan kolang-kaling. Tuangi sympel syrup dan kucuri susu kental manis.
  2. Sajikan bersama es serut.
sumber : NCC

Quiche Lorraine

Bahan kulit:
350 gr  tepung terigu protein sedang
200 gr  mentega
3 btr     kuning telur
100 ml  air es
Bahan isi:
450 gr  jamur kaleng
100 gr  bayam
100 gr  bawang bombay
125 gr  keju parut
250 gr  sosis, iris tipis
Bahan saus:
1 ltr      susu
10 btr   kuning telur
1 sdt     garam
¼ sdt    lada halus
¼ sdt    pala bubuk
Cara membuatnya:
  1. Aduk tepung terigu, telur dan mentega hingga berbutir-butir, tuangi air es sedikit demi sedikit, uleni, bulatkan. Gilas, cetak dalam cetakan pie.
  2. Saus : aduk semua bahan menjadi satu.
  3. Isi pie dengan bahan isi yang telah diiris halus. Tuangi saus. Oven hingga matang.
sumber : Bu Fatmah-NCC

Es Buah Campur

Bahan:
½ bh    pepaya mengkal, keruk bulat
2 bh     labu siam, kupas, potong dadu
½  bh   melon, keruk bulat
½  bh   nanas, potong dadu
3 sdm   air kapur sirih
1 ltr      air
50 gr    gula pasir
500 ml  air
Syrup:
750 gr  gula pasir
1,5 ltr   air
3 sdm   air jeruk lemon
 Cara membuat:
  • Campur 1 ltr air dan 3 sdm air kapur sirim, tuang pepaya keruk. Rendam selama lk. 30 menit. Tiriskan, cuci dengan air bersih. Tiriskan lagi, sisihkan.
  • Masak 500 ml air dengan 50 gr gula pasir hingga mendidih dan gula larut, tuang labu siam dadu, biarkan 5 menit. Angkat. Tiriskan.
  • Campur semua buah dalam wadah, tuangi syrup. Simpan dalam lemari pendingin hingga saat disajikan.
  • Syrup: - masak gula dan air hingga mendidih dan gula larut. Matikan api, tuangi jeruk lemon, aduk rata. Dinginkan.
sumber : NCC
Monday, 14 September 2009

Pie Buah

Bahan kulit Pie:
250 gr  tepung terigu, serba guna
1/2 sdt  garam
125 gr  mentega
5 sdm   air es
Bahan Vla :
500 cc  susu
100 gr  gula kaster
5 btr     kuning telur
30 gr    tepung maizena
1 sdm   mentega
1 sdt     vanilli extract
Bahan Topping :
  • Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain.
Bahan Siraman:
1 sdt    agar-agar putih
100 cc    air
1 sdt    gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)
Cara membuat :
  • Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung, oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit.
Vla :
  • Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
  • Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.
Penyelesaian:
Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening.

sumber : NCC

Rujak Serut

Bahan:
½ kg    ubi merah
½ kg    mangga muda
½ kg    nanas
½ kg    kedondong
½ kg    bengkuang
½ kg    ketimun
½ kg    gula jawa
3 bh     cabe merah
5 bh     cabe rawit
Cara membuat
kupas semua buah, kecuali mangga muda cukup dicuci saja. Lalu serut menggunakan parutan kasar. Khusus nanas, dipotong dadu. Campur jadi satu dalam wadah.
Haluskan cabe merah, cabe rawit dan gula jawa, campurkan kedalam parutan aneka buah, aduk rata.
Rujak serut segar disajikan dalam keadaan dingin.

sumber : NCC

Wedang Ronde

Bahan ronde:
200 gr        tepung beras ketan
200 ml        air
1 sdt           air kapur sirih
100 gr        enting-enting, haluskan
Pewarna : merah, kuning, hijau
2 ltr            air, untuk merebus ronde.
Cara membuatnya:
  • Masak 2 ltr air, biarkan mendidih.
  • Campur 200 ml air dan air kapur sirih, tuangkan pada tepung beras ketan sedikit demi sedikit sambil uleni hingga bisa dipulung. Bagi tiga, beri warna masing-masing merah, kuning, hijau.
  • Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan sedikit enting-enting, bulatkan seperti bakso.
  • Masukkan dalam air mendidih, biarkan mengapung angkat. Taruh dalam kuah jahe.
  • Lakukan hingga semua adonan habis.
Kuah Jahe:
1 ltr            air
200 gr        gula pasir
7 lbr           daun jeruk purut
100 gr        jahe emprit, pukul-pukul
1 btg          kayu manis
Cara membuat:
Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Biarkan lk. 10 menit mendidih spy aroma jahe dan kayu manis keluar. Angkat, dinginkan.

sumber : NCC

Sweet Potato Balls

Bahan:
500 gr   ubi merah, kukus, haluskan
2 sdm   gula halus
3 sdm   tepung sagu
½ ltr      minyak goreng

Cara membuatnya:
  1. Campur ubi halus, gula halus dan tepung sagu, aduk rata. Buat bulatan sebesar bola bekel.
  2. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng bola ubi hingga kuning kecoklatan. Angkat. Sajikan.
  3. Taburi gula halus dan kayu manis bubuk untuk penampilan dan rasa yang lebih kaya.

Biji Salak

Bahan:
500 gr    ubi merah, kukus, haluskan
3 sdm     tepung sagu
500 gr    gula jawa
1 ltr        air
500 ml    santan kental
½ sdt      garam
1 lbr       daun pandan.
Cara membuatnya:
  • Tuang tepung sagu kedalam ubi halus, uleni hingga rata, buat bulatan.
  • Sementara itu masak gula jawa dan air hingga mendidih dan gula larut, saring, didihkan kembali.
  • Masukkan bulatan adonan ubi kedalam kuah gula mendidih, biarkan hingga mengapung. Matikan api.
  • Masak santan, garam dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih, angkat.
  • Sajikan biji salah bersama kuah santan.
sumber : NCC

Puding Karamel

Bahan :
5 btr     telur
125gr   gula pasir
2 sdm   maizena (optional)
500ml   susu segar
¼ sdt    vanilli
Karamel :
175 gr  gula pasir
1 sdt     air jeruk nipis
2 sdm   air
Cara Membuat :
  • Karamel : jerangkan gula diatas api hingga cair dan kecoklatan, tambahkan air dan air jeruk nipis, angkat dari api. Tuang kedalam cetakan. Dinginkan.
  • Campur semua bahan lain, aduk hingga larut, lalu saring kedalam cetakan yg sudah berisi caramel tadi.
  • Kukus hingga matang. Lk. 30 menit.
  • Angkat, dinginkan. Sajikan.
sumber : NCC

Ketan Sarikayo

Bahan Srikaya :
* 1 cup telur (sebesar mangkok soto deh)kayaknya lebih dr 250ml
* 1 cup gula merah, sisir halus
* 1 cup santan kental
* 1/2 sdt garam
* 1/2 sdt vanili
* 2 lbr pandan
* 1 sdm air jahe

Cara membuat :
  1. Campur gula merah dan santan, aduk hingga gula larut, saring
  2. Kocok telur sampai mengembang, gak perlu sampai kental
  3. Masukan campuran santan dan gula kedalam kocokan telur, aduk rata 4. masukan air jahe, garam, vanili dan pandan
  4. Tuang kedalam wadah tahan panas ato loyang
    Kukus hingga matang
sumber : Dewi Anwar

AMERICAN RISOLES - MENJUAL DAN MENERIMA PESANAN SNACK / JAJANAN PASAR UNTUK WILAYAH JADETABEK.


American Risoles.....camilan ini cukup terkenal. Di milis yang aku ikuti juga banyak yang menjadikannya andalan jualan. Bahkan ada yang berani memodifikasi menjadi berbagai rasa dan bentuk (kali yaa..). Memang camilan ini rasanya enak bener......aku juga suka. Di rumah kalo aku bikin amris ini, mm....1 orang ga cukup makan 5 aja, ga yang papanya, kakeknya juga apalagi my 'ratu ketjil'....:)
coba coba bikin dari sekumpulan resep yang aku cari, tapi baru 2-3 resep yang aku coba. Maksudnya sih supaya bisa nemu yang pas dan enak tapi ga eneg......ini ke sekian kalinya aku bikin cuma baru kali ini ada fotonya.

Coba deh lihat penampilan amris yang yummy ini....mmm....yummy.....sengaja aku buat dengan komposisi yang ga bikin eneg.....isiannya? jelas menggunakan bahan yang kualitas karena kalo ga bisa cepat basi juga rasanya ga yahud :)  mau coba? bisa pesen kok ke aku ....hehehehe ........(promosi ni yeee...)

Candil Ketan

Bahan:
200 gr   tepung ketan putih
50 gr     tepung beras putih
100 ml  air
200 gr   gula jawa / gula merah
1 ltr       air
Saus santan:
500 ml  santan
½ sdt    garam
1 lbr      daun pandan.
Cara membuat:
  • Taruh tepung ketan dan tepung beras dalam wadah, tuangi air sedikit demi sedikit hingga kalis. Basahi tangan dengan air lalu uleni lagi bila terasa adonan masih kurang lemas. Bentuk bulat-bulat seperti kelereng.
  • Masak gula jawa dan air 1 ltr, biarkan hingga mendidih dan gula larut. Saring. Didihkan lagi, lalu cemplungkan bulatan adonan kedalamnya, biarkan hingga mengapung. Aduk rata. Angkat.
  • Masak semua bahan saus hingga mendidih. Angkat.
  • Sajikan candil dengan sausnya.
Tips: bila menghendaki bubur yang lebih kenyel-kenyel, gunakan tepung beras ketan semua tanpa campuran tepung beras biasa.

sumber : NCC

Singkong Thailand (Sweet Cassava) - MENERIMA PESANAN SINGKONG THAILAND DALAM CUP ATAU TAMPAH/ SNACK BOX/JAJAN PASAR TAMPAH DAN KUE BASAH LAINNYA.

Bahan:
500 gr  singkong/ubi kayu
100 gr  gula pasir
200 ml  air
½ sdt garam
200 ml  santan instant (misal Kara)
1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air
Cara membuatnya:
  1. Rebus singkong dan air hingga matang.
  2. Masukkan gula pasir, masak terus hingga gula meresap.
  3. Tuang santan instant. Didihkan sekali lagi.
  4. Tuang tepung maizena cair, aduk rata hingga mendidih dan mengental.
  5. Angkat. Sajikan.
sumber : kursus NCC
 

Blog Template by BloggerCandy.com