Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Sangat cocok untuk sajian :

Hantaran seserahan,

Hantaran nikah,

Anniversary,

Arisan,

Reuni / Gathering,

Lamaran atau tunangan,

Hajatan-syukuran-selamatan,

Parcel atau bingkisan menjelang hari raya :

Lebaran Natal - Tahun baru Imlek- dll,

Bingkisan untuk relasi kerabat - rekan bisnis,

Surprise untuk bos,

Acara kantor ,bahkan

Acara ulang tahun bersama keluarga dan orang orang tersayang dirumah.

Thursday, 24 December 2009

Lumpia Semarang ala Dapur Nera


Ceritanya lagi pengen Lumpia Semarang, padahal terakhir makan Lumpia Semarang udah lama juga. Biasanya om ku yang di Semarang kalo lagi ke Jakarta pasti mampir kerumah dan membawa penganan lezat ini.
Selain khas bumbu isiannya juga bumbu sausnya yang rada kental manis itu. Tapi biasanya aku sih makan pake rawit plus acarnya aja....wuiihhh mantabbb........*ngiler..
Nah mumpung lagi ada waktu, dan bahan bahan sudah disiapin dari kemarin ya sudah aku bikin aja ini lumpia tapi bukan lumpia asli Semarang loh ....ini sih lumpia ala Dapur Nera :)

15 kulit lumpia besar
Bahan isi:
75 gr daging ayam cincang
75 gr udang cincang
300 gr rebung,iris bentuk batang korek api, rebus
2 butir telur, dikocok
2 batang dun bawang, iris halus
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdt gula merah iris
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt minyak wijen
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
4siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 sdm ebi, direndam air panas, tiriskan

cara membuat:
Bahan isi:
Panaskan minyak dan minyak wijen, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
Tambahkan irisan daun bawang, tumis sampai layu.
Masukkan udang cincang, aduk rata, tumis sampai udang berubah warna.
Masukkan ayam cincang, aduk rata, tumis sampai ayam kaku.
Tambahkan irisan rebung, kecap manis, kecap asin, gula dan merica bubuk. Aduk rata, masak sampai sedikit kering.
Masukkan telur kocok, aduk rata, masak sampai telur matang.
Angkat, dinginkan

Ambil sebuah kulit lumpia, isi dengan 1 sdm adonan isi (atau bisa ditambah sesuai dgn ukuran kulit lumpianya..).
Gulung sedikit, kemudian lipat sisi kiri dan kanan, gulung sampai penuh.
Goreng sampai matang dan berwarna kuning emas.
dimakan dengan saus lumpia, acar ketimun, lokio n cabai rawit.
Catatan:
Supaya kulit lumpia tidak mudah terbuka sewaktu digoreng, rekatkan kulit lumpia dengan telur kocok (tipis saja) atau campuran air dan sedikit tepung kanji.
Saturday, 5 December 2009

Lumpia Variasi Sayur ( Popiah with Vegetables )

Makanan favorit juga dirumah.....soalnya enak dan gariiinnggg  kali ini aku bikinnya pake isi sayuran dan jamur. Yaaaahhh pokoknya yang ada dirumah ajaa . Trus kulit lumpia juga beli yang udah jadi di pasar.
Asal cepat aja masaknya....just chopped the whole veggies and go !!!!....
hahaha...just that simple ???? nooooooo...............saute the veggies first and rol .....:)





maaf lupa foto yang sudah jadi...soalnya langsung diserbu.....(narsis dotcom nih)...hehehe
resepnya silahkan diliat dan diganti juga boleehhh....:)

bahan:
1 batang wortel besar, kupas dan potong sesuai selera
2 buah bangkuang besar, kupas dan potong korek api
10 batang buncis, iris kecil-kecil
100 gr jamur merang/kancing, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis

bumbu halus:
2 bawang merah
2 bawang putih
lada halus
1 sdm saus tiram
garam
gula
penyedap (kalo suka)

cara membuat:

  • siapkan semua bahan untuk isian, lalu siapkan wajan dengan minyak secukupnya.
  • tumis semua bahan dengan bumbu halus hingga agak layu. setelah dirasa sudah enak , angkat dan dinginkan.
  • setelah dingin ambil satu kulit lumpia dan letakkan 1 sdm adonan isi lalu lipat seperti amplop. tempel dengan putih telur yang sudah dikocok. lalu simpan didalam lemari es bagian bawah selama 1 jam.
  • keluarkan dari lemari es dan diamkan sampai suhu ruangan baru goreng dan angkat.
sajikan dengan sambal kacang atau sambal botol .....pake cabe rawit juga boleh.
selamat mencoba :)
Friday, 4 December 2009

Cake Pisang Ambon (Banana Cake)

Kapan hari , saya belajar buat Cake Pisang yang resepnya saya ambil dari mba Yulia. Semua nya saya ikuti, dari resep sampai caranya. Memang sih waktu pengocokan telur itu, saya tambahan vanilla pasta dikit...dan hasilnya yang saya dapat adalaaahhhh bantet sodara sodara.....whuaaaa..... :( sedihh banget.....beneran.... :( . Gak tau harus komen apa lagi nih.....udah semangat dan capeknya lumayan (karena bikin dua cake sekaligus) eehh...malah bantet.....
Padahal waktu dipanggangnya didalam oven mekar sumringah....ampyuuunnn.....
terus waktu suami coba, katanya sih enak dan gak merasa itu bantet....hiks...mm...si papa jujur apa cuma membesarkan hati saya aja yaa.... anakku juga makan tanpa rasa dosa gitu....."enak ma....enakkk....baunya pisang enak ya ma...." begitu kata bocah kecil-ku :) ......ya sudah...lainkali coba lagi deeehh.....
moga moga ga bantet lagii......pfiiuuhhhh lanjoooottttt.....



Lihat kan sodara sodara....di dalam oven yang antik ini, si cake pisang-ku mengembaaaaaaangggg....tapi setelah aku keluarkan.....uhuk...uhuk.....jadi kisutttt....suttt..... :(




Seharusnya cake gak segini tapi mengembang lebih.....:(  adonannya numpuk dibawah....kenapa ya?)






Tapi bocah perempuan satu ini bilang lain.....biar bantet rasanya enak dan wangiiiiii......yeaaahhhh...... :D


Ini ya resepnya ....


Bahan:
150 gr mentega (saya pakai margarin)
175 gr gula bubuk (saya pake 170gr)
4 butir kuning telur
4 butir putih telur (karena putih telurnya kecelakaan, jadi yg terkocok ga 4 btr...ga tau deh brp)
3 buah pisang ambon (saya pake sunripe)
Campur dan ayak :
225 gr tepung terigu segitiga biru
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
cara membuat :
- siapkan loyang olesi lagi dengan margarin dan tepung
- kocok putih telur sampai kaku
- kocok mentega dan gula bubuk hingga lembut
- masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai putih mengembang.
- masukkan bergantian campuran bahan kering dan pisang, aduk perlahan.
- masukkan putih telur ke dalam adonan tadi, aduk rata.
- tuang ke dalam loyang, ratakan. Panggang sampai matang. (saya panggang selama 30-40 menit, hasilnya ngembang tapi atas masih basah jadi saya masukkan lagi ke oven. tau taunya malah jadi kisut....sediihhh...)
tetap semangaaaaatttttt.......:)
Tuesday, 1 December 2009

Serundeng Ikan Pedas ( Spicy Fishfloss )

bahan:

  • 750 gram daging ikan kakap
  • 1 sendok makan air asam
  • 150 cc santan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh bumbu kari bubuk
  • 150 gram kacang tanah, goreng hingga kering
  • 10 lembar daun jeruk purut, iris halus
  • 5 batang sere, ambil bagian putihnya, iris halus
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 5 buah cabai merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih

cara membuat:

Lumuri daging ikan kakap dengan air asam hingga rata, lalu biarkan selama 15 menit.

Kukus ikan kakap tadi hingga matang, angkat, lalu suwir-suwir dagingnya dan buang durinya, sisihkan.

Haluskan ketumbar, cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih, lalu sisihkan.

Campur santan, garam, gula, bumbu kari bubuk, bumbu yang telah dihaluskan, dan daging ikan, lalu masak di atas api kecil sambil sekali-sekali diaduk hingga santan habis.

Kecilkan api, masak terus hingga daging ikan kering, lalu masukkan kacang tanah, daun jeruk purut, dan sere, aduk rata, angkat, sajikan.

porsi : 8 orang

sumber: unknown
 

Blog Template by BloggerCandy.com