Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Sangat cocok untuk sajian :

Hantaran seserahan,

Hantaran nikah,

Anniversary,

Arisan,

Reuni / Gathering,

Lamaran atau tunangan,

Hajatan-syukuran-selamatan,

Parcel atau bingkisan menjelang hari raya :

Lebaran Natal - Tahun baru Imlek- dll,

Bingkisan untuk relasi kerabat - rekan bisnis,

Surprise untuk bos,

Acara kantor ,bahkan

Acara ulang tahun bersama keluarga dan orang orang tersayang dirumah.

Thursday, 24 December 2009

Lumpia Semarang ala Dapur Nera


Ceritanya lagi pengen Lumpia Semarang, padahal terakhir makan Lumpia Semarang udah lama juga. Biasanya om ku yang di Semarang kalo lagi ke Jakarta pasti mampir kerumah dan membawa penganan lezat ini.
Selain khas bumbu isiannya juga bumbu sausnya yang rada kental manis itu. Tapi biasanya aku sih makan pake rawit plus acarnya aja....wuiihhh mantabbb........*ngiler..
Nah mumpung lagi ada waktu, dan bahan bahan sudah disiapin dari kemarin ya sudah aku bikin aja ini lumpia tapi bukan lumpia asli Semarang loh ....ini sih lumpia ala Dapur Nera :)

15 kulit lumpia besar
Bahan isi:
75 gr daging ayam cincang
75 gr udang cincang
300 gr rebung,iris bentuk batang korek api, rebus
2 butir telur, dikocok
2 batang dun bawang, iris halus
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdt gula merah iris
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt minyak wijen
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
4siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 sdm ebi, direndam air panas, tiriskan

cara membuat:
Bahan isi:
Panaskan minyak dan minyak wijen, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
Tambahkan irisan daun bawang, tumis sampai layu.
Masukkan udang cincang, aduk rata, tumis sampai udang berubah warna.
Masukkan ayam cincang, aduk rata, tumis sampai ayam kaku.
Tambahkan irisan rebung, kecap manis, kecap asin, gula dan merica bubuk. Aduk rata, masak sampai sedikit kering.
Masukkan telur kocok, aduk rata, masak sampai telur matang.
Angkat, dinginkan

Ambil sebuah kulit lumpia, isi dengan 1 sdm adonan isi (atau bisa ditambah sesuai dgn ukuran kulit lumpianya..).
Gulung sedikit, kemudian lipat sisi kiri dan kanan, gulung sampai penuh.
Goreng sampai matang dan berwarna kuning emas.
dimakan dengan saus lumpia, acar ketimun, lokio n cabai rawit.
Catatan:
Supaya kulit lumpia tidak mudah terbuka sewaktu digoreng, rekatkan kulit lumpia dengan telur kocok (tipis saja) atau campuran air dan sedikit tepung kanji.

0 comments:

 

Blog Template by BloggerCandy.com