Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Sangat cocok untuk sajian :

Hantaran seserahan,

Hantaran nikah,

Anniversary,

Arisan,

Reuni / Gathering,

Lamaran atau tunangan,

Hajatan-syukuran-selamatan,

Parcel atau bingkisan menjelang hari raya :

Lebaran Natal - Tahun baru Imlek- dll,

Bingkisan untuk relasi kerabat - rekan bisnis,

Surprise untuk bos,

Acara kantor ,bahkan

Acara ulang tahun bersama keluarga dan orang orang tersayang dirumah.

Thursday, 22 April 2010

MENJUAL / MENERIMA PEMBUATAN DAN PESANAN AYAM KODOK / AYAM CABUT TULANG DI JAKARTA dan Skitarnya

Beberapa waktu yang lalu tepatnya bulan maret 2010, aku ikutan kelas Ayam Kodok versi cabut tulang di suatu kantor majalah kuliner.  Sebenarnya sih , aku sering buka youtube atau browsing sana-sini untuk lihat pembuatan Ayam Kodok tapi buat aku sih rasanya belum 'afdol' kalo ga ikutan langsung. Ternyata ga se ribet yang dibayangin aku kok......asal kita telaten alias sabar dan tekun  :)


Trus aku coba lagi dirumah. Walau pun dipraktekkan udah mantabb....tapi aku ga pake hias atau garnish si ayam karena mikirnya buat makan sendiri dan aku males banget hehehehe.....


resep sama seperti ayam kodok yang sering beredar di milis atau internet tapi cara 'pembedahannya' aja yang sdikit beda .......... nah sebenernya bisa tanpa dijahit tapi aku bikinnya belum rapi banget dan belum pede alias takut 'buyar' saat matangnya jadi aku jahit juga bagian belakangnya .............. dan saus nya tersedia 2 pilihan yaitu saus putih dan saus coklat.

Resep yang aku pakai adalah resep dari ncc, terima kasih bu fat untuk resepnya :) , jadi aku copy paste aja disini resep nya

Ayam Kodok by ncc

Bahan:
1 ekor ayam, ambil kulitnya utuh-utuh
½  kg ayam giling
½  kg daging sapi giling
5 ptg roti tawar, rendam dalam air lalu remas
½  klg liver pasta
3  btr telur ayam
2  sdt gula
3  sdt garam
1  sdt lada
½  sdt vetsin/chicken powder (Optional)
½  sdt pala
4  btr telur rebus (untuk isi dalam)

Menguliti Ayam:
Mulailah dengan meletakkan jari jemari tepat di bawah kulit ayam bagian dada.
Gerakkan jemari perlahan mengikuti bentuk ayam hingga kulit ayam perlahan terlepas. Lakukan dengan hati-hati agar kulit ayam tidak robek. Tinggalkan bagian sayap dan tulang dengkul di bawah paha (gunting tulang di atas sendi) agar bentuk ayam tetap cantik.
Lakukan hingga seluruh kulit terlepas dari badan ayam.

Cara membuat:
Aduk semua bahan isi menjadi satu hingga rata kecuali telur rebus.
Setelah kulit ayam dilepas, isi dalamnya dengan adonan daging dan beri tambahan telur rebus juga. Isi terus hingga ayam menjadi padat dan bentuknya seperti seekor ayam utuh kembali. Jahit rapat sambungannya dengan benang. Jahit juga bagian lain yang robek jika ada.
Setelah selesai, tusuk-tusuk ayam, lalu kukus hingga matang selama lk. 1 jam.
Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan atau panggang dalam oven hingga kering kulitnya.
Catatan:

Ayam akan lebih mudah dikuliti jika direndam dulu di dalam air selama lebih kurang 1 jam.
Jika ayam dipanggang, olesi permukaan ayam dengan campuran mentega dan madu.


Ini Foto nya.........
Ayam Cabut Tulang Perdana by Dapur Nera

ini hasil yang belum dihias apa-apa ............ belum dipindahin ke wadah hantaran gitu dan belum ditata juga  , masih peletakan sederhana kok ...........


aslinya foto ini sebenernya kecil karena aku foto pake kamera Hp biasa jadi kalo diperbesar jadi blur gini deh ......... tapi ini asli loh foto jepret sendiri bukan 'colongan' dari web atau blog orang lain .......... walaupun aku ga watermark tolong hargai ya karya seseorang :) 


########
note April 2014:
 mohon maaf , ga tau kenapa foto yang aku upload dulu hilang. ga ngerti juga karena aku ga paham soal beginian, padahal itu foto ayam kodok ku yang pertama dan ga ada kopi'annya.

:( sayang banget ....... padahal foto ini  orisinil buatanku yang pertama...

0 comments:

 

Blog Template by BloggerCandy.com