Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Pusatnya Ayam Kodok di JaDeTaBek

Sangat cocok untuk sajian :

Hantaran seserahan,

Hantaran nikah,

Anniversary,

Arisan,

Reuni / Gathering,

Lamaran atau tunangan,

Hajatan-syukuran-selamatan,

Parcel atau bingkisan menjelang hari raya :

Lebaran Natal - Tahun baru Imlek- dll,

Bingkisan untuk relasi kerabat - rekan bisnis,

Surprise untuk bos,

Acara kantor ,bahkan

Acara ulang tahun bersama keluarga dan orang orang tersayang dirumah.

Tuesday, 18 October 2011

Kue Klepon


Ini makanan sering aku buat dirumah, kenapa ? karena gampang banget :D  udah gitu selain aku , putri sulungku juga suka kalo suami memang dari dulu ga doyan makan yang berhubungan dengan bahan ketan atau beras yang udah jadi tepung. geli katanya :D .....


Klepon

udah gitu ini penganan pernah menghiasi suguhan untuk pengajian bulanan di perumahanku. :)  dan alhamdulillah para bapak-bapak dan ibu-ibu suka ama ini klepon. Ya udah daripada banyak ngomong , ini nih aku kasih resepnya ....

Klepon

bahan:
200 gr tepung ketan putih
3/4 gelas air biasa (matang)
1/2 sdt pasta pandan (karena aku mau cepet, tapi kalo mau bikin sendiri juga boleh dari daun pandan dan suji yang ditumbuk halus beri sedikit air lalu saring)
1 buah gula merah diiris tipis
1/2 buah kelapa parut, beri garam dan kukus matang

cara membuat :

  1. didihkan air kira-kira setengah panci lalu biarkan sampai keluar gelembung gelembung, kecilkan api. sisihkan
  2. campur tepung dengan air matang sambil diaduk dan di uleni hingga tidak lengket di tangan dan bisa dibentuk. tapi sebelum sampai bisa dibentuk, beri sdikit pandan pasta lalu aduk rata.
  3. setelah tercampur rata dan tidak lengket ditangan, ambil 1 sdt adonan lalu bulatkan .
  4. setelah bulat, pipihkan dengan tetap menjaga ketebalan adonan supaya ga retak lalu isi dengan gula merah dan bulatkan lagi sampai isi tidak terlihat.
  5. lalu langsung ceburkan adonan bulat tadi ke dalam didihan air dan biarkan bola bola klepon matang. tandanya bola-bola klepon akan mengambang dengan sendirinya. nah lalu tinggal angkat
  6. setelah diangkat dinginkan sebentar, setelah agak hangat bola-bola yang sudah siap tadi masukan ke dalam parutan kelapa yang sudah dikukus. sajikan deh :D
selamat mencoba :)

sumber : resep asli Dapur Nera

0 comments:

 

Blog Template by BloggerCandy.com